Jakarta

Tanggal 31 Maret diperingati beberapa hari penting secara internasional. Untuk tahun ini, Minggu 31 Maret 2024 ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari libur nasional di Indonesia berdasarkan SKB 3 Menteri.

Menurut SKB 3 Menteri, tanggal 31 Maret 2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional peringatan Paskah atau Kebangkitan Yesus Kristus. Secara internasional, peringatan Hari Paskah disebut juga dengan Easter Day.

Selain itu, tanggal 31 Maret juga bertepatan dengan beberapa peringatan hari penting internasional seperti peringatan Hari Menara Eiffel, Hari Backup Dunia, dan Hari Teknologi Anestesi. Berikut serba-serbinya:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, tanggal 31 Maret 2024 ditetapkan sebagai hari libur nasional peringatan Paskah. Salah satu hari penting keagamaan umat Kristiani atas Kebangkitan Yesus Kristus.

Mengutip dari situs Kemenag, Hari Paskah memperingati kebangkitan Yesus Kristus setelah penyaliban. Sebelum Paskah, ada tiga ibadah yang harus dijalani pada Tri Hari Suci, yaitu Kamis Putih, Jumat Agung (Wafat Yesus Kristus), dan Sabtu Suci.

Paskah jatuh pada tanggal 31 Maret tahun ini, dirayakan pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama setelah titik balik musim semi. Paskah merupakan hari suci yang penting bagi umat Kristiani. Hari Paskah disebut juga Easter Day.

Tanggal 31 Maret diperingati sebagai Hari Menara Eiffel (Eiffel Tower Day). Hari Menara Eiffel dirayakan pada tanggal 31 Maret untuk memperingati ulang tahun Menara Eiffel, yang diresmikan pada tahun 1889 untuk pertama kalinya di Paris, Prancis.

Sebagai salah satu monumen yang paling dikenal di dunia, Hari Menara Eiffel adalah hari perayaan bagi jutaan orang di seluruh dunia. Sejarahnya, seperti dilansir situs National Today, rancangan menara ini pertama kali dipersembahkan pada tahun 1885.

Presentasi pertamanya oleh Insinyur Sipil Prancis, Gustave Eiffel, yang mempersembahkan gambar Menara Eiffel yang pertama kali kepada Perhimpunan Insinyur Sipil Prancis. Pada tahun 1887 ditentukan lokasi menara dan persetujuan pembangunannya.

Tanggal 31 Maret juga diperingati sebagai Hari Backup Sedunia (World Backup Day). Backup atau pencadangan merupakan proses mencadangkan data-data yang dimiliki pada perangkat lunak. Hari ini bertujuan untuk mengingatkan semua untuk senantiasa backup data agar tersimpan.

Sejarahnya, seperti dilansir situs National Today, perayaan ini dimulai sebagai Bulan Backup Sedunia, dan kemudian berubah menjadi Hari Backup Sedunia. Maxtor, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada hard drive, memprakarsai perayaan tahunan ini.

Hari Backup Dunia mengingatkan semua untuk membuat banyak salinan dari data digital, atau berisiko kehilangan semuanya selamanya. Hari ini juga berfungsi untuk menanamkan praktik online dan teknologi yang lebih baik. Serta memastikan bahwa informasi dan data pribadi aman dan terlindungi.

Di Amerika Serikat, tanggal 31 Maret diperingati pula sebagai Hari Teknologi Anestesi (Anesthesia Tech Day). Hari Teknologi Anestesi merupakan penghargaan bagi para ahli teknologi dan teknisi atas kontribusi mereka terhadap anestesiologi dan perawatan kesehatan.

Ahli anestesi adalah anggota integral dari bidang medis global, dan upaya mereka tak tertandingi. Hari ini merupakan hari pendidikan bagi para calon profesional medis dan perawatan kesehatan, perayaan terobosan ilmiah, dan penggalangan dana untuk penelitian di masa depan.

(wia/jbr)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *