Jakarta

Gerakan Ekonomi Nasional (Gekrafs) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke 5. Dalam perjalanannya Gekraf telah melakukan berbagai kolaborasi hingga memiliki 38 ribu anggota.

Ketua Umum DPP Gekrafs Kawendra Lukistian berbicara pentingnya literasi dalam membumikan ekonomi kreatif di Indonesia, karena banyak masyarakat yang belum menyadari profesi mereka adalah bagian dari ekonomi kreatif. Kawendra juga memaparkan berbagai kolaborasi yang dilakukan oleh Gekrafs.

“Gekrafs secara aktif diminta ikut andil dan menjadi kolaborator dalam membentuk ekosisten ekraf di Ibu Kota Nusantara (IKN), serta dalam waktu dekat ini Gekrafs akan melantik perwakilannya di luar negeri,” ujar Kawendra dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (28/3/2024)


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diketahui rakornas ini dilakukan di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, (27/3). Acara digelar sekaligus silaturahmi nasional dengan tema ‘Green Creative Economy for The Future’.

Acara juga disebut dihadiri oleh Menparekraf Sandiaga Uno, Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI yang juga Dewan Penasehat DPP Gekrafs Sugiono, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, Ketua Dewan Pakar DPP Gekrafs Donna Latief, Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang, hingga perwakilan MUSIAD yang merupakan NGO asal Turki.

Dalam acara, Menparekraf Sandiaga Uno yang juga Dewan Pembina Gekrafs ikut menyaksikan pelantikan Gekrafs Kampus. Gekraf kampus disebutkan merupakan organisasi semi otonom di bawah Gekrafs untuk mendukung percepatan pengembangan ekonomi kreatif nasional, pelajar dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Saya merasa bangga dan terharu dengan pencapaian Gekrafs yang telah hadir diberbagai provinsi tanah air, dan saat ini hadir di perguruan tinggi terbaik Indonesia, selamat untuk Gekrafs,” tuturnhya.

Ketua Panitia Rakornas, Temi Sumarlin bersyukur acara berlangsung dengan lancar dan khidmat. Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan rakornas, sehingga dapat saling menguatkan perjuangan ekonomi kreatif di daerah.

“Rakornas 2024 ini menjadi gerbang kerjasama antara pelaku ekonomi kreatif Indonesia dengan Turki. Semoga banyak pengurus DPP , DPW dan DPC yang bisa menerima manfaat dari Rakornas kali ini,” ujarnya.

Gekrafs sendiri berharap semakin banyak pelaku ekonomi kreatif yang naik kelas, membawa kebermanfaatan, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, karena Ekonomi kreatif masa depan Indonesia.

(dwia/dwia)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *