Jakarta

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) merayakan Hari Bakti Rimbawan ke-41. Dalam acara itu, KLHK mengajak masyarakat dan instansi terkait untuk berkolaborasi.

Acara itu bertajuk ‘Panggung Kolaborasi Rimbawan’. Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menjelaskan kolaborasi bisa menyangkut saling berbagi sumber daya.

“Kolaborasi itu adalah bekerja bersama-sama dengan nilai-nilai yang dipahami dan arah yang sama dengan berbagi resources. Resources itu apa saja? Bisa saja dana program, wajar kalau pemerintah memberi kontribusi. Lebih penting lagi resources pengetahuan,” jelas Siti saat memberi pidato sambutan, Kamis (28/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menekankan kerja sama tersebut harus bisa bergerak dalam semua golongan masyarakat. Selain itu, jejaring juga dibutuhkan untuk memperkuat sumber daya yang ada.

“Kemampuan dalam berinteraksi, kemampuan untuk bersama masyarakat di tingkat grassroot. Resources yang penting lagi adalah jejaring,” sambungnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini juga turut hadir dalam acara tersebut. Dia menjelaskan pelestarian lingkungan sebagai pekerjaan berkelanjutan.

“Banyak yang kita (Komisi IV) lihat. Melestarikan lingkungan ini tidak hanya single pekerjaan, tidak hanya satu dua orang saja, tetapi memerlukan lintas generasi, lintas sektoral, lintas kepentingan, ” jelas Anggia dalam pidatonya.

Anggia menyebut Komisi IV DPR RI selalu mendukung program milik KLHK. Dia pun menyebut Komisi IV selalu mendorong agar anggaran KLHK diperbesar.

“Dalam periode ini, di Komisi IV selalu mendukung semua kebijakan yang Ibu Menteri lakukan. Bahkan tidak hanya di dalam rapat, tidak hanya di raker dan kunjungan, kita selalu meminta bahwa anggaran yang diberikan ke KLHK itu harus lebih besar,” terangnya.

Acara ini juga dihadiri oleh instansi pelestari lainnya, yaitu APHI, APKINDO, AP2SI, GLI, Aktivis muda konservasi, dan sejumlah SMA yang mengikuti kegiatan tanam bersama KLHK. Mereka diberi kesempatan dalam acara ini untuk menyampaikan catatan singkat mengenai pelestarian alam.

(idn/dhn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *