Jakarta

Tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas). Peringatan Hari Penyiaran Nasional setiap tanggal 1 April ini dalam rangka meningkatkan apresiasi dan dukungan terhadap dunia penyiaran di Indonesia.

Penetapan Hari Penyiaran Nasional pada tanggal 1 April adalah berdasarkan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Hari Penyiaran Nasional, oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertanggal 29 Maret 2019.

Tanggal 1 April dipilih sebagai Hari Penyiaran Nasional karena merujuk pada berdiri Lembaga Penyiaran Radio milik Indonesia pertama pada tahun 1993 di Solo. Tahun ini, bertepatan dengan peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-91.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sejarah Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas)

Menghimpun informasi dari laman resmi Kominfo dan KPI, pada tanggal 1 April 1933 didirikan Lembaga Penyiaran Radio milik pribumi pertama (bangsa Indonesia) di Solo, bernama Solosche Radio Vereeniging (SRV) yang diprakarsai oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Sri Mangkoenegoro VII.

Jauh sebelum itu, sejarah penyiaran di Indonesia sudah ada sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda, yakni pada tahun 1927. Sejak KGPAA Sri Mangkoenegoro VII yang menerima hadiah dari seorang Belanda berupa pesawat radio penerima.

Pada tanggal 1 April 1933 berdiri sebuah lembaga penyiaran radio pertama milik Indonesia di Kota Solo (SRV) yang didirikan Sri Mangkoenegoro VII. Tanggal didirikannya SRV tersebut dijadikan oleh para pencetus Harsiarnas sebagai hari lahirnya penyiaran di Indonesia.

Pada tanggal 28 Desember 1936, siaran langsung radio dari Solo-Indonesia diperdengarkan, yakni berupa gamelan Jawa untuk mengiringi tarian Budaya Serimpi. Pada tanggal 28 Maret 1937, dibentuk organisasi Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK), asosiasi penyiaran nasional pertama.

Selanjutnya, melalui beberapa deklarasi tentang Harsiarnas, kemudian ditetapkan tanggal 1 April sebagai Hari Penyiaran Nasional melalui KEPPRES Nomor 9 Tahun 2019. Melalui deklarasi ini, diharapkan mampu lebih menghargai dan menghormati penyiaran nasional di Indonesia.

Daftar Twibbon Hari Penyiaran Nasional 2024

Dalam rangka merayakan peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-91 pada tanggal 1 April 2024, kamu bisa turut serta meramaikannya dengan menggunakan twibbon untuk dibagikan ke media sosial. Berikut daftar link twibbon dari Twibbonize:

Twibbon Hari Penyiaran Nasional 2024Twibbon Hari Penyiaran Nasional 2024 (Foto: Twibbonize)

Berikut langkah-langkah memasang foto pada twibbon:

  1. Pilih salah satu twibbon yang ingin dipakai dari link di atas.
  2. Kemudian, akan diarahkan ke laman Twibbonize, lalu klik ‘Pilih Foto’.
  3. Pilih foto yang akan digunakan di twibbon, lalu klik OK.
  4. Foto yang dipilih akan muncul di twibbon. Letak foto dapat digeser kemudian klik ‘crop’.
  5. Twibbon sudah jadi. Untuk menggunakannya, klik ‘download’ dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Simak Video “Kemenkominfo Luncurkan Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyiaran
[Gambas:Video 20detik]

(wia/jbr)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *