Jakarta

Komandan Satuan Tugas Gabungan (CTF) 150 Angkatan Laut Kanada Kapten Colin Matthews melakukan kunjungan ke Jakarta. Matthews menantikan adanya kerja sama dengan Indonesia.

“Saya menantikan hubungan antara CMF (Pasukan Maritim Gabungan) dan Indonesia tumbuh seiring kita berupaya mencapai tujuan bersama,” ucap Kapten Matthews di Kedutaan Besar Kanada, Jakarta Pusat, pada Kamis (28/3/2024).

Matthews juga diagendakan bertemu dengan TNI AL hari ini dan besok. Matthews menyebutkan kunjungannya ke Jakarta sekaligus memperdalam gabungan kekuatan maritim dan mitra Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, kunjungan ini juga berhubungan dengan diskusi mengenai perlawanan terhadap penyelundupan barang ilegal hingga mencegah organisasi kriminal dan teroris.

“Kami melakukan diskusi bermakna mengenai kepentingan bersama, melawan penyelundupan ilegal, dan meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran komersial serta lalu lintas maritim yang sah,” kata Matthews.

Matthews menjelaskan, satuan tugasnya memerlukan koordinasi erat dengan negara-negara yang berkontribusi terhadap CMF dan mitra regional seperti Indonesia agar dapat mencapai keberhasilan.

Untuk diketahui, TNI AL mendapatkan kunjungan dari Kapten Matthews ditemani oleh Duta Besar Kanada untuk Indonesia, YM Jess Dutton dan Atase Pertahanan Kanada, Kolonel Stewart Taylor di Jakarta pada 28-29 Maret.

Kunjungan itu merupakan kelanjutan diskusi antara TNI-AL dan Pasukan Maritim Gabungan (CMF) untuk menekankan komitmen bersama dan mempromosikan perdamaian, ketahanan, dan keamanan seiring dengan implementasi Strategi Indo-Pasifik Kanada.

Adapun CTF 150 merupakan salah satu dari lima gugus tugas dalam CMF yang berbasis di Manama, Bahrain. Mandat CTF 150 adalah mempromosikan kondisi keamanan dan stabilitas di lingkungan maritim dengan melawan tindakan teroris dan kriminal.

(idn/dhn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *