Jakarta

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) menggelar rapat kick off penyusunan roadmap BNPT Tahun 2025-2045. Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono optimistis BNPT mampu berperan dan berdampak dalam mendukung tercapainya visi Indonesia Emas 2045.

“Saya yakin BNPT mampu menjadi organisasi yang berdampak dan mendukung tercapainya visi Indonesia emas 2045,” kata Bangbang di Kantor BNPT Jakarta seperti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4/2024).

Dia mengatakan hal tersebut dapat terwujud dengan mengoptimalisasikan peran strategis BNPT dalam bidang keamanan negeri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“BNPT memiliki peranan strategis dalam bidang keamanan dalam negeri yang secara langsung berdampak terhadap pembangunan nasional, harus kita optimalkan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pertahanan dan Keamanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Erik Armundito menjelaskan arti secara luas visi Indonesia Emas 2045.

“Visi Ini adalah mimpi kita di tahun 2045, sebagai mimpi ini adalah proyeksi apa yang akan kita capai secara general. Artinya negara yang mampu memanfaatkan potensi negara kepulauan untuk ketangguhan geopolitik, ekonomi, keamanan nasional, hingga peradaban bahari sebagai poros maritim dunia,” paparnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Mego Pinandito turut memaparkan hasil risetnya tentang langkah apa yang harus ditingkatkan BNPT dalam upaya mewujudkan cita-cita tersebut.

“Dalam riset kebangsaan kami, kami menemukan bahwa kita perlu meningkatkan metode pendekatan secara regional dan kedaerahan dengan memanfaatkan perbedaan – perbedaan yang ada. Dalam konteks ini, BNPT bisa memberikan literasi-literasi sehingga upaya ini mendapatkan dukungan dari masyarakat,” jelasnya.

(idh/idn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *