Jakarta

Hari Bank Dunia atau World Bank Day adalah peringatan berdirinya organisasi International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) atau Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (Bank Dunia). Hari Bank Dunia jatuh pada tanggal 1 April.

Lalu, bagaimana asal-usul peringatan Hari Bank Dunia 1 April? Simak ulasannya berikut ini.

Dilansir situs Britannica, Bank Dunia atau World Bank adalah organisasi internasional yang berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan dirancang untuk membiayai proyek-proyek yang meningkatkan pembangunan ekonomi negara-negara anggota. Bank Dunia berkantor pusat di Washington DC, Amerika Serikat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bersama dengan International Monetary Fund (IMF) atau Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia memainkan peran sentral dalam mengawasi kebijakan ekonomi di negara-negara berkembang. Ada lima lembaga konstituen untuk membantu memenuhi kebijakan yang ditetapkan oleh Bank Dunia, yaitu:

  1. International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) atau Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan.
  2. International Development Association (IDA) atau Asosiasi Pembangunan Internasional.
  3. International Finance Corporation (IFC) atau Korporasi Keuangan Internasional.
  4. Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) atau Badan Penjamin Investasi Multilateral.
  5. International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID) atau Pusat Penyelesaian Sengketa Investasi Internasional (ICSID).

Dikutip dari situs resmi World Bank dan Britannica, Hari Bank Dunia adalah peringatan berdirinya World Bank atau Bank Dunia pada tanggal 1 April 1944 di Konferensi Moneter dan Keuangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disebut sebagai Konferensi Bretton Woods.

Konferensi tersebut diselenggarakan untuk membangun sistem ekonomi internasional baru pasca-Perang Dunia II. Para pemimpin dalam konferensi tersebut adalah John Maynard Keynes (Penasihat Departemen Keuangan di Inggris) dan Harry Dexter White (Asisten Menteri Keuangan di Amerika Serikat).

Konferensi menghasilkan pembentukan dua lembaga, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (Bank Dunia). Kemudian, World Bank atau Bank Dunia resmi beroperasi mulai bulan Juni 1946.

Prancis adalah negara Eropa pertama yang memperoleh pinjaman dari Bank Dunia. Lalu, pada tahun 1948, Chili menjadi negara non-Eropa pertama yang mendapat pinjaman dari Bank Dunia untuk pembangkit listrik tenaga air.

Pada tahun 1970-an, lebih dari 40% orang di negara berkembang hidup dalam kemiskinan. Hal ini mendorong Bank Dunia untuk membantu orang miskin secara langsung. Presiden Bank Dunia Robert McNamara dalam pidato Pertemuan Tahunan pada 1973 mendeklarasikan tujuan ganda Bank Dunia, yaitu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan.

Kemudian, antara tahun 1968-1981, Bank Dunia memberikan pinjaman ke berbagai negara untuk sektor lingkungan, pembangunan pedesaan, air, sanitasi, pendidikan, dan lain-lain. Pinjaman pertama untuk lingkungan adalah pada tahun 1971 untuk pengendalian polusi di Brasil.

(kny/jbr)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *