Jakarta

Mudik lebaran lebih awal menjadi salah satu alternatif masyarakat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Selain mengatasi padatnya lalu lintas, mudik lebih awal juga bisa mengantisipasi agar tidak kehabisan tiket.

Hal tersebut kiranya menjadi pilihan ibu rumah tangga bernama Fuzi (40). Ia bersama anaknya memutuskan mudik lebih awal agar bisa mendapat tiket kereta api ke Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

“Mau mudik ke Tasikmalaya. Baru kali ini (kereta di Gambir) sebelumnya punya dua alternatif booking mau pilih yang mana, baru tahun ini mau coba yang Gambir. Sebelumnya dari Senen,” kata Fuzi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (29/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fuzi mengatakan sudah memesan kereta dari hari sebelumnya. Ia menyebut tahun lalu dirinya tidak bisa berangkat mudik lantaran tiket perjalanan habis.

“Kalau kemarin booking tengah malam 11.30 WIB masih bisa booking. Alhamdulillah kalau tahun kemarin malah nggak bisa sama sekali, telat,” ucapnya.

Anak Sekolah Libur

Perjalanan mudiknya juga bertepatan dengan libur sekolah sang anak. Fuzi mengaku ingin menghabiskan waktu yang panjang bersama keluarga di Tasikmalaya.

“Sekarang libur sekolah juga, antisipasi ramai lah. Sama anak, kalau suami nyusul, kalau anak-anak yang penting berangkat dulu,” tutur Fuzi.

“Lebih lama lagi (liburnya). Jadi libur lebih lama kalau mepet-mepet suasananya kurang ya, kan rutenya ada dua dari Tasik ke Kuningan dua tempat,” sambungnya.

Fuzi menjelaskan alasan memilih transportasi kereta api dibandingkan yang lain. Ia menilai perjalanan dengan kereta tidak merepotkan dibandingkan menggunakan bus antar kota.

“Pernah berapa tahun yang lalu kalau nggak kebagian kereta ke terminal kita. Nggak mau lagi (naik bus) repot pertama, efektivitas waktu ya, macetnya nggak bisa dikondisikan. Berapa lama kita bisa nyampe dan itu pun kalau di terminal itu suasanya ramai siapa cepat, barang datang, kita harus cepat-cepat untuk dapatin kursi,” pungkasnya.

(dwr/zap)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *