Tangerang Selatan

Polisi mengamankan pria RS (24) pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan pedagang kaki lima (PKL) di Jalan BSD Raya, Tangerang Selatan hingga menyebabkan satu orang meninggal dunia. RS kini resmi ditetapkan sebagai tersangka.

“Sudah diamankan, sudah di-BAP kemarin. Sudah diamankan di Polres,” kata Kasat Lantas Polres Tangerang Selatan AKP Rokhmatullah saat dihubungi, Jumat (29/3/2024).

Rokhmatullah mengatakan sopir tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat dengan Pasal 310 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sudah ditetapkan jadi tersangka. Dijerat pasal 310. tentang kecelakaan lalulintas karena kelalaian nya mengakibatkan orang lain meninggal dunia,” imbuhnya.

Bunyi Pasal 310 ayat (1):

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (2), dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Bunyi Pasal 310 ayat (2):

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka ringan dan kerusakan Kendaraan dan/atau barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (3), dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau denda paling banyak Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah).

Bunyi Pasal 310 ayat 3:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

Bunyi Pasal 310 ayat (4):

Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 12.000.000 (dua belas juta rupiah).

Pemotor Tewas

Kasi Humas Polres Tangerang Selatan AKP Agil mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (27/3) malam. Kecelakaan itu bermula saat mobil sedan yang dikemudikan RS (24) melaju di jalan BSD Raya menuju Kelapa Dua Tangerang. Setibanya di lokasi, sedan itu terlibat kecelakaan dengan pemotor.

“Terlibat kecelakaan lalu lintas dengan pengendara sepeda motor bebek yang dikendarai oleh Saudara C yang sedang berboncengan dengan Saudara AR,” kata Agil saat dihubungi, Kamis (28/3/2024).

Tak sampai di sana, sedan tersebut juga mengarah ke PKL yang ada di lokasi. Agil mengatakan tiga PKL mengalami sejumlah luka akibat kecelakaan tersebut.

Agil menyengat sopir sedan tersebut selamat dan hanya mengalami luka ringan. Namun penumpang sepeda motor yang terlibat kecelakaan meninggal dunia di lokasi kejadian.

“Penumpang sepeda motor atas nama AR mengalami luka kepala robek, kuping robek, lecet pada tangan dan kaki, dan meninggal dunia di TKP, kemudian dievakuasi ke RSU Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

(wnv/mea)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *