Jakarta

Menjelang hari Raya Idul Fitri, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, selalu ramai dikunjungi pembeli. Warga berbondong-bondong berburu baju hingga perlengkapan lebaran di Pasar Tanah Abang.

Tak hanya pedagang, ramainya pengunjung Pasar Tanah Abang juga berdampak besar kepada para porter. Seperti halnya yang dirasakan oleh Asep (32), warga asal Tangerang yang sudah bekerja kurang lebih 10 tahun di Pasar Tanah Abang. Asep mengatakan setiap menjelang lebaran, pendapatannya selalu meningkat.

“(Sebenarnya) tergantung kerjaan sih di sini mah, kalau kerjaan banyak ya lumayan lah. Tapi biasanya naik lagi (kalau lebaran) pernah dapat Rp 1,7 juta sehari. Alhamdulillah namanya kerja ya,” ujar Asep saat ditemui di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asep mengatakan pendapatannya mulai naik ketika akan menjelang Ramadan. Namun, pendapatannya lebih naik lagi ketika akan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“(Kalau jelang ramadan) lebih itu (dapatnya), bisa Rp 300, Rp 400, Rp 500 ribu lah dapat,” katanya.

Asep menuturkan setiap hari dirinya mengantar pakaian-pakaian per-ball dari toko dan akan dikirim ke pembeli. Namun, kata dia, jika terdapat pembeli yang ingin diantar ke lokasi parkir, dirinya pun akan siap mengantarnya.

“Iya (angkut per-bal) dari toko, biasanya di toko di bal kan, dikirim, tiap hari kaya gitu kerja, pokoknya ada juga orang belanja kan, terus minta diangkut, diantar ke depan, ke penginapan,” jelasnya.

“Kalau ngasih sih lebih banyak orang belanja, kalau ini kan udah dipatok ada yang Rp 50 ada yang Rp 30. Tergantung orang tokonya sih, kalau orang tokonya baik bisa Rp 100,” sambung dia.

Asep mengatakan pendapatan sehari-harinya selama ini di luar lebaran dan Ramadan, hanya sekitar Rp 50-70 ribu saja. Dia menuturkan pendapatan itu hanya cukup untuk makan sehari-hari.

“Buat keluarga. Paling buat makan doang lah, kadang Rp 50-70 dapat lah. (Kalau jelang lebaran) lebih dapatnya, cuma capenya itu,” imbuhnya.

(amw/taa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *