Jakarta

Geliat berburu baju serta aksesoris Muslim jelang Idul Fitri 1445 Hijriah di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah terasa sejak beberapa hari terakhir. Para pedagang pun senang karena omset per hari mereka naik hingga sekitar lima kali lipat dari hari biasa.

“Kalau biasa omset kadang kalau ramai gini Rp 10 juta. Kalau menjelang lebaran bisa berkali-kali lipat. Tapi kalau untuk akhir-akhir ini bisa sampai Rp 20 juta, ” kata pedagang mukena, Tia (33), saat ditemui di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perempuan asal Padang sudah berjualan di Pasar Tanah Abang selama 5 tahun. Tia mengatakan selama ini omset hariannya hanya mencapai Rp 3 juta.

“Kalau menjelang lebaran ini alhamdulillah, ada aja gitu. Hari biasa paling Rp 3 juta,” ujarnya.

Tia sendiri memiliki dua toko di Pasar Tanah Abang. Kedua toko ini, kata Tia, hanya menjual mukena saja.

“(Lebih enak jualan) langsung saja. Kalau online ribet, harus packing-packing lagi. Kalau TikTok Shopee, harus ada yang handle, sekarang karyawannya nggak ada,” tuturnya.

Para pedagang baju dan perlengkapan muslim di Tanah Abang mengaku omset naik lima kali lipat jelang Lebaran, Sabtu (30/3/2024).Foto: Pedagang mukena di Tanah Abang, Tia, mengaku omset naik lima kali lipat hingga Rp 20 juta jelang Lebaran, Sabtu (30/3/2024). (Anggi Muliawati/detikcom)

Senada dengan Tia, Lia (20) yang berjualan gamis mengaku setiap lebaran selalu meraih omset kurang lebih Rp 50 juta perhari. Warga Parung Panjang, Bogor ini mengatakan dirinya sudah berjualan sejak 2018 lalu.

“Naik drastis kalau menjelang lebaran. Kalau kita kan di sini satuan, jadi sampai Rp 50 juta perhari,” jelas Lia.

Lia mengatakan di hari biasa, dirinya hanya dapat meraih omset di bawah Rp 10 juta. Lia sendiri menjual berbagai macam gamis, kerudung, hingga rok.

“Menjelang lebaran kaya H-10 aja sekarang ini (ramai). Malahan kalau H-5, H-1 itu orang-orang daerah sini saja yang ke sini saja, orang-orang jauh sudah nggak,” imbuh dia.

(amw/aud)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *