Bogor

Kebakaran Gudang Munisi Daerah (Gudmura) Kodam Jaya di Kabupaten Bogor mulai terjadi pukul 18.05 WIB tadi. Ledakan disertai api dan asap membumbung tinggi sempat terjadi beberapa saat setelahnya. Berikut adalah kondisi terkini.

Berdasarkan pantauan detikcom dari Perumahan Kota Wisata Cibubur, Klaster Nebraska, Sabtu (30/3/2024) pukul 21.00 WIB, sudah tak nampak lagi api dan asap tinggi dari gudang peluru itu.

Lokasi detikcom memantau berada pada jarak sekitar 200 meter dari lokasi. Ledakan masih terdengar kencang dan menggema, tiga kali dalam rentang 10 menit sejak pukul 21.00 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemandangan dari Kota Wisata Cibubur ke arah Gudang Peluru yang kebakaran, 30 Maret 2024, pukul 21.00 WIB. (Kurniawan Fadilah/detikcom)Pemandangan dari Kota Wisata Cibubur ke arah Gudang Peluru yang kebakaran, 30 Maret 2024, pukul 21.00 WIB. (Kurniawan Fadilah/detikcom)

Pihak TNI sendiri menyatakan masih menunggu situasi aman untuk mulai masuk ke gudang peluru dan memadamkan api. Soalnya, ledakan-ledakan dari munisi yang terbaka masih terus terjadi.

“Saat ini kami sedang menunggu satu sampai dua jam ke depan untuk bisa masuk ke lokasi untuk mengatasi memadamkan, karena kami tidak mau mengambil risiko,” kata Panglima Kodam Jaya (Pangdam Jaya), Mayjen M Hasan, kepada wartawan di sekitar lokasi.

Kebakaran berawal dari gudang nomor 6 dari 15 gudang yang ada. Warga dievakuasi menjauh dari dekat lokasi gudang. Namun Pangdam Jaya memastikan situasi aman.

“Tapi dapat kami pastikan bahwa sistem pergudangan di Kodam Jaya ini di gudang ini sudah sangat aman karena lokasinya berada di bunker dan di atasnya ada tanggul-tanggul kalau ada ledakan ke samping, tapi kalau ke atas mungkin bisa menyebar sampai ke berbagai tempat,” tuturnya.

(dnu/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *