Jakarta

Pertigaan antara Jalan Raya Bogor dengan Jalan H Bokir (Jl Raya Pondok Gede) di kawasan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur, sempat kebanjiran awal pekan lalu. Warga mengatakan air dari Kali Hek meluap karena tanggul masih dalam proses pembangunan.

Salah seorang warga, Romi (41), mengatakan tak ada tanggul yang jebol hingga membuat air meluap ke jalan. Deden, yang tokonya berada persis di samping Kali Hek, menyebut banjir terjadi karena tanggul baru dibangun di sisi permukiman warga.

“Itu mah nggak jebol padahal kan bukan jebol, meluap kan lagi dibangun, tanggul itu lagi dibangun. Kan baru sebelah warga (Dibangun tanggul) Sebelah sini belum mungkin yang warga dulu. Mungkin target mereka habis Lebaran selesai,” kata Romi kepada detikcom, Minggu (31/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Romi mengatakan warga sekitar juga tak mengeluh karena mengetahui tanggul masih dikerjakan. Dia mengatakan warga pun bersabar karena selalu melihat pekerja proyek yang bekerja setiap hari.

“(Keluhan) Nggak ada, orang lagi bangun saya juga paham kok masa kita maksain dia, dia sudah bagus kerjanya nggak ada liburnya itu, coba lihat kerja mulu itu,” ujarnya.

Warga lainnya, Deden (61), mengatakan Kali Hek meluap karena ada alat berat serta material pembangunan tanggul di pinggir kali. Namun, dia memaklumi air meluap karena tanggul belum tuntas.

“Iyakan lagi dikerjain jadi meluap, itu backhoe masuk tengah kali, sebenarnya di sini dari dulu nggak meluap, yang ada bocor, saya dari tahun ’90 di sini. Kemarin jelas meluap kan itu lagi dikerjain kemarin mah, kan batu, backhoe, ada di situ ya wajarlah ya,” tuturnya.

“Tempatnya air dipakai alat-alat, lagian kan bukan sengaja emang lagi dikerjain, kalau lagi dikerjain gimana,” lanjutnya.

Deden mengatakan warga setempat juga memaklumi peristiwa itu karena tanggul masih dalam proses pembangunan. Dia mengatakan warga bersabar menunggu tanggul tuntas.

“(Kalau warga) Ya menganggapnya nggak apa-apa kan lagi proses. (Kondisi terkini) Stabil, ya emang bocor sih sedikit tapi karena lagi dikerjain,” ujarnya.

Kali Hek meluap pada Senin (25/3) dan mengakibatkan lalu lintas serta aktivitas warga setempat terganggu. Diketahui, ini bukanlah pertama kali air dari kali meluber masuk ke jalan.

(haf/haf)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *