Jakarta

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) menyampaikan kendala pemadaman Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) milik Kodam Jaya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pemadaman terkendala bahan yang berpotensi meledak.

“Kalau kendalanya memang kan ini bahan yang potensi ada ledakan, jadi kita masih koordinasi terus sama aparat setempat,” kata Kadis Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, kepada wartawan, Minggu (31/3/2024).

Selanjutnya, kendala juga terkait pengecekan bahan-bahan yang berpotensi meledak atau tidak. Kendala lainnya yaitu sumber air hangat jauh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Karena sumber airnya jauh jadi kita pakai sistem bukan statis, tapi pakai dinamis, dibantu oleh Kabupaten Bogor dan Bekasi untuk bisa mensuplai unit kita di depan,” jelasnya.

Satriadi mengatakan unit Damkar DKI Jakarta akan kembali. Untuk yang berjaga di sekitar lokasi, ada dari unit Damkar Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi.

Dia juga menyebut bahwa penggunaan robot dalam pemadaman sangat membantu. Tidak ada kendala saat mengoperasikan robot tersebut.

“Robotik itu sangat membantu sekali dalam segi operasi, karena memang di situ tempat yang potensi bahaya bagi anggota. Maka kita bisa gunakan operasi itu dengan menggunakan peralatan robotik itu,” pungkasnya.

(rdh/dwia)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *