Semarang

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi menghadiri rapat koordinasi jelang mudik lebaran bersama Kemenhub. Dirinya meminta agar masyarakat yang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah mempersiapkan diri dengan matang.

“Saya mengharapkan teman-teman sekalian lewat media bagi masyarakat kita yang mudik khususnya ke Jateng persiapkan diri,” ujar Ahmad usai ‘Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2024 Provinsi Jawa Tengah’ di Polda Jateng, Semarang, Minggu (31/3/2024).

Ahmad Lutfhi menyebutkan selain kendaraan, fisik juga harus disiapkan. Jika ada kendala di lapangan, dirinya meminta jangan takut menghubungi polisi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Bukan hanya kendaraan, tetapi fisik juga, sopirnya juga. Kalau terjadi kendala di lapangan jangan segan-segan lapor polisi,” sebutnya.

Dirinya mengatakan ada 125 ribu anggota yang tersebar menghadapi musim mudik. Dia menegaskan sudah siap menghadapi mudik tahun ini.

“Anggota kita sudah 160 pospam, 125 ribu anggota sudah tergelar, jadi artinya kita sudah siap untuk Polda Jawa Tengah dalam rangka menampung kebangkitan arus,” ucapnya.

193 Juta Orang Akan Mudik

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pemudik pada masa Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193 juta orang. Kemenhub melakukan sejumlah langkah antisipasi mulai dari pengaturan lalu lintas hingga mudik gratis.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024, yaitu sebesar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Budi dalam jumpa pers virtual persiapan mudik 2024, Minggu (17/3).

Sementara itu, sebanyak 28 juta orang diperkirakan akan meninggalkan Jabodetabek. Budi mengatakan pemudik Lebaran tahun ini akan meningkat.

“Dari angka tersebut, sebesar 14,6% atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan tahun 2023 sebesar 45,8% atau 123 juta orang,” katanya.

(ial/isa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *