Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggelar rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran 2024 di Provinsi Jawa Barat. Dalam rapat itu, Budi meminta dilakukan ramp check untuk kendaraan-kendaraan di Jawa Barat.

“Pengendalian ini dimulai dari apa yang kita namakan ramp check, ramp check ini saya minta tolong kepada khususnya kepada kapolres, atau kapolresta daerah-daerah yang katakan, seperti Sukabumi, Garut, Tasik, Banjar, Kuningan, dan sebagainya,” ujar Budi dalam paparannya di rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran tahun 2024 Provinsi Jawa Barat di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (31/3/2024).

Budi mengatakan banyak bus wisata di wilayah tersebut yang sudah tua. Selain itu, biasanya ada sopir tembak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Bahwa bus yang ada di tempat-tempat daerah itulah bus yang relatif sudah berumur, jadi menjadi wajib untuk dilakukan ramp check. Dan sopirnya kadang-kadang supir tembak, bahasa premannya sopir tembak,” kata dia.

Budi menyebutkan, berdasarkan data, kecelakaan bus wisata menjadi atensi. Untuk itu, dia meminta pihak terkait melakukan pengawasan.

“Dari data yang kita dapatkan kecelakaan bus wisata itu menjadi satu hal yang menjadi atensi, oleh karenanya sekalian ramp check saya juga minta bantuan Pak Kapolda, Pak Pangdam, dan juga Kapolres, Kapolresta, Dandim, Dishub,” tuturnya.

Simak juga Video ‘Langkah Menhub Hadapi 193 Juta Pemudik: Atur Lalin-Mudik Gratis’:

[Gambas:Video 20detik]

(ial/whn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *