Jakarta

Tanggal 1 April diperingati beberapa hari penting secara nasional dan internasional. Secara nasional di Indonesia, 1 April memperingati Hari Penyiaran Nasional. Secara internasional, 1 April memperingati Hari April Mop, Hari Peringatan Lupus, dan Hari Bank Dunia.

Masing-masing peringatan hari penting nasional dan internasional pada tanggal 1 April tersebut tentunya memiliki sejarah dan maknanya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang peringatannya, simak uraian hari-hari penting yang diperingati tanggal 1 April berikut ini:

Di Indonesia, tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas). Peringatan ini dalam rangka meningkatkan apresiasi dan dukungan terhadap dunia penyiaran di Indonesia. Ditetapkan melalui Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 9 Tahun 2019.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tanggal 1 April dipilih sebagai Hari Penyiaran Nasional karena merujuk pada tanggal berdirinya Lembaga Penyiaran Radio milik Indonesia pertama pada 1 April 1993 di Solo. Untuk tahun 2024 ini, bertepatan dengan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-91.

Sejarahnya pada tanggal 1 April 1933 berdiri sebuah lembaga penyiaran radio pertama milik Indonesia di Solo (SRV) yang didirikan Sri Mangkoenegoro VII. Tanggal didirikannya SRV tersebut dijadikan oleh para pencetus Harsiarnas sebagai hari lahirnya penyiaran di Indonesia.

Secara internasional, khususnya di Amerika Serikat, tanggal 1 April diperingati sebagai Hari April Mop (April Fools’ Day). April Mop pada tanggal 1 April adalah hari di mana banyak orang mengeluarkan sisi kreatif mereka dalam upaya yang lucu – terkadang berlebihan – untuk mengelabui orang-orang.

Menurut situs National Today, sejarah April Mop sendiri belum bisa dipastikan. Tidak ada konsensus tentang bagaimana semuanya dimulai. Perayaan April Mop telah ada selama berabad-abad dan biasanya ramai dirayakan dengan kegembiraan dalam beberapa minggu pertama musim semi.

Secara internasional, tanggal 1 April juga diperingati sebagai Hari Peringatan Lupus (Lupus Alert Day). Peringatan ini merupakan acara kesadaran tahunan yang dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan lupus dan memberikan dukungan bagi jutaan orang yang terkena dampak kondisi ini.

Lupus adalah penyakit autoimun yang mengancam jiwa, yaitu suatu kelainan di mana sistem kekebalan tubuh manusia, yang dirancang untuk melindungi, justru menyerang jaringan dan organ tubuh. Akibatnya, dalam banyak kasus, kerusakan organ yang parah. Meskipun saat ini belum ada obat untuk penyakit ini, penyakit ini masih dapat dikontrol jika diberikan perhatian medis yang tepat sejak awal. Hal ini semakin menekankan pentingnya dan perlunya Hari Peringatan Lupus.

Tanggal 1 April turut memperingati Hari Bank Dunia (World Bank Day). Ini merupakan peringatan berdirinya organisasi International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) atau Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (Bank Dunia).

Bank Dunia atau World Bank adalah organisasi internasional yang berafiliasi dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan dirancang untuk membiayai proyek-proyek yang meningkatkan pembangunan ekonomi negara-negara anggota. Bank Dunia berkantor pusat di Washington DC, Amerika Serikat.

Menurut situs resminya, World Bank atau Bank Dunia berdiri pada 1 April 1944 di Konferensi Moneter dan Keuangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disebut sebagai Konferensi Bretton Woods. Konferensi ini diselenggarakan untuk membangun sistem ekonomi internasional baru setelah Perang Dunia II.

(wia/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *