Jakarta

Helena Lim dan suami aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, mengenakan rompi tahanan merah muda alias pink saat resmi menyandang status tersangka kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022. Kenapa keduanya berompi tahanan pink bukan rompi oranye? Begini aturannya.

Dirangkum detikcom, Minggu (31/3/2024), Helena Lim dan Harvey ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Di mana, Kejagung juga sudah mempunyai aturan mengenai warna rompi untuk para tersangka yang dijerat.

Aturan rompi pink itu tertuang dalam peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: PER-005/A/JA/03/2013 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawalan dan Pengamanan Tahanan. Aturan baju tahanan itu ada di Pasal 10 poin a,b,c,d yang menjelaskan ihwal sarana dan prasarana untuk pengawalan dan pengamanan tahanan yang harus dipenuhi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam pasal berbunyi setiap tahanan Kejaksaan harus dipampang dengan rompi bertuliskan ‘Tahanan Kejaksaan’ dan harus diborgol. Setiap tahanan di Kejagung pasti memakai rompi tahanan.

Di Kejagung sendiri, ada dua jenis rompi tahanan. Untuk tahanan jenis pidana khusus memakai rompi berwarna pink, sedangkan tahanan pidana umum memakai rompi berwarna merah.

Helena Lim dan Harvey Moeis merupakan tahanan pidana khusus karena terseret kasus dugaan korupsi timah. Itu Artinya, Helena Lim dan Harvey Moeis harus mengenakan rompi berwarna pink seperti tahanan pidana khusus lainnya.

Berikut bunyi pasal 10 tentang Peraturan Jaksa Agung Republik Indonesia tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawalan dan Pengamanan Tahanan:

Pasal 10

Sarana dan prasarana untuk pengawalan dan pengamanan tahanan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

a. Kendaraan yang digunakan untuk mengangkut tahanan setiap hari harus dicek dan dinyatakan dalam keadaan baik dan laik jalan;
b. Borgol yang digunakan harus berfungsi baik dan jumlahnya disesuaikan dengan jumlah tahanan;
c. Baju tahanan bertuliskan “Tahanan Kejaksaan”; dan
d. Pengawal tahanan wajib dilengkapi alat komunikasi Handy Talkie (HT) dan atau alat komunikasi lainnya yang berfungsi baik.

Baca halaman selanjutnya>>



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *