Jakarta

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyampaikan sejumlah titik di Jawa Barat (Jabar) yang menjadi titik rawan macet saat mudik dan arus balik Lebaran 2024. Titik-titik itu tersebar di sejumlah ruas tol di Jabar.

“Ada di tol, ada beberapa bottle neck, di wilayah Jawa Barat, di (KM) 152, Cisumdawu, dan Cipali, dan (KM) 48 pertemuan dari MBZ dan asisting yang ada di bawah,” ujar Aan usai rapat koordinasi persiapan angkutan lebaran tahun 2024 Provinsi Jawa Barat, di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (31/3/2024).

Kemudian di KM 86 Cipali juga berpotensi terjadi bottleneck. Sedangkan rest area di jalan tol berpotensi menjadi titik perlambatan kendaraan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kemudian di KM 87 Cipali, ini juga jadi bottleneck, selain bottleneck, juga rest area jadi potensial perlambatan,” katanya.

Meski begitu, Aan mengatakan kepolisian wilayah Jabar telah mempersiapkan antisipasi jika kepadatan arus lalin terjadi. Salah satunya adalah menerjunkan tim urai yang terdiri dari polisi wanita (Polwan).

“Mulai contra flow, one way, sampai nanti akan menerjunkan tim urai. Tim urai dari korlantas juga sudah membackup untuk kendaraan tim urai ini dari Jabar akan turunkan tim urai dari Polwan,” sebutnya.

Selain itu, ada tol Cimanggis dan Cibitung yang akan jadi titik krusial. Juga ada jalur arteri di Pantura yang akan diperhatikan.

“Arteri sendiri ada beberapa titik krusial, baik di Pantura, di Selatan ini yang jadi perhatian di Gentong, limbangan sampai ke Tasik,” kata dia.

“Sudah disiapkan beberapa skena mulai dari pengalihan arus, penutupan sementara pada puncak arus, kemudian juga ada contra flow atau one way sepenggal, di jalur Selatan. Di Pantura juga sama demikian ada lintasan sebidang, ini juga akan dikelola dengan baik,” tambahnya.

(ial/aik)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *