Jakarta

Mulai ada masyarakat yang meninggalkan perantauan untuk mudik ke kampung asal menjelang Idul Fitri 1445 H, atau Lebaran 2024. Namun, kondisi masa mudik dan lebaran tidak membuat aktifitas di kereta rangkaian listrik (KRL) khususnya di Stasiun Manggarai, Jakarta, sepi.

Putri (29), seorang penumpang yang setiap harinya menggunakan moda transportasi umum Manggarai. Ia mengaku, libur long weekend pada lebaran nanti disebutnya tak berpengaruh pada padatnya penumpang di Stasiun.

“Nggak juga, kadang ramai kok. Banyak kali yang nggak mudik. Biasanya kan yang nggak mudik itu rata-rata ke Bogor nyari jalan-jalan gitu,” ucap Putri saat ditanya apakah Stasiun Manggarai sepi pada mudik lebaran ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengaku merasakan Stasiun Manggarai masih dipadati penumpang saat masa mudik dan Lebaran.

“Iya seringnya begitu. Yang nggak mudik biasanya jalan-jalan naik kereta entah itu ke arah Jakarta Kota atau ke arah Bogor. Banyak sih yang biasa yang kayak gitu, masih ramai kok,” katanya.

Meski begitu, ia mengaku padatnya penumpang di Manggarai saat lebaran atau mudik lebaran tak sampai harus berdesak-desakan.

“Kalau desak-desakan ga terlalu. Sedikit berkurang dari biasanya,” ujarnya.

Putri sendiri merupakan orang Jakarta asli yang tak mudik. Ia mengaku akan memanfaatkan momen libur lebaran nanti untuk berdiam diri di rumah.

“Kayanya bakal di rumah aja. Mending di rumah aja soalnya kan biasanya kerja setiap harinya jadi manfaatkan libur lebaran ya diam di rumah aja,” ucapnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Linda (48) menyebut stasiun KRL tak begitu sepi saat lebaran tiba. Banyak orang yang tak mudik memilih menggunakan KRL untuk sarana transportasi bepergiannya.

“Kalau pas lebaran nggak sepi banget. Masih standar aja,” ucapnya.

“Iya tapi dibilang padat nggak dibilang sepi nggak jadi normal aja. Soalnya kan orang-orang juga pada pergi jalan-jalan tapi emang lebih berkurang daripada biasanya,” katanya.

Sementara itu, Annisa (24) mengaku tak sabar dengan Stasiun KRL yang meskipun padat, namun tak berdesak-desakan itu. Meski ia sendiri tak tahu apakah dapat menumpangi KRL saat waktu itu tiba.

“Tapi seneng kalau nggak padat dan desak-desakan walaupun belum tau nanti lebaran bakal naik KRL atau nggak buat sarana transportasi,” katanya.

“Yang pasti KRL masih bakalan tetep padat, tapi nggak separah hari kerja,” tutupnya.

(aik/aik)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *