Jakarta

Polisi akan membuka layanan pos pelayanan dan pos pengamanan di sejumlah area saat mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, mengatakan pihaknya akan melakukan screening barang bawaan para pemudik motor di pos layanan tersebut.

“Rest area ini kalau kami yang di luar tol, ya, itu kami membuat namanya pos pelayanan dan pos pengamanan. Dari jarak yang 47 Kilometer, dia bekasi ya, jalan arteri, kami buka namanya nanti ada pos pelayanan dan pos pengamanan, jadi satu. Karena di situ juga nanti juga kita akan screening saudara- saudara kita yang mudik pakai motor,” kata Irjen Karyoto kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Karyoto mengatakan screening itu meliputi kondisi kendaraan hingga barang yang dibawa saat mudik. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan razia jika pemudik motor justru membawa barang berlebihan (overload) yang membahayakan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Yang membahayakan dia sendiri, misalnya motor dijadikan seperti, apa, membawa beban yang cukup banyak. Nah itu kalau membahyakan kita razia di situ. Kalau perlu dikirim paket, paket lah, nggak usah pakai, apa, dibawa. Sehingga kalau suatu saat dia pusing atau kehilangan keseimbangan bisa mencelakakan dirinya sendiri,” ujarnya.

Dia juga mengimbau warga tak mudik dengan membawa balita menggunakan motor. Dia mengingatkan pentingnya mengutamakan keselamatan selama mudik.

“Atau membawa anak-anak balita, ini juga akan kita screening di situ, kita akan imbau untuk tidak melakukan. Karena balita ini kan tidak banyak bicara ya, nanti kalau dia dianggepnya nurut, nggak taunya dia sebenernya sangat kecapean, kasihan. Nanti juga kita akan imbau para pemudik untuk, lebih bagus lagi kalau tidak pakai motor, akan lebih bagus lagi,” kata Karyoto

“Tapi mungkin jarak-jarak dekat seperti Karawang, Bandung, Bogor, ya banyak saudara-saudara kita yang memaksakan memakai itu tapi kalaupun harus memakai kendaraan ya akan kita ingatkan untuk keselamatan, kesehatan karena kadang-kadang memaksakan diri, besok harus berlebaran sama keluarga ini yang lebih penting padahal kesehatan lebih penting,” imbuhnya.

Buka Layanan Penitipan Motor-Mobil

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto membuka layanan penitipan sepeda motor dan mobil gratis selama mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Irjen Karyoto mengatakan kantor polisi di wilayah hukum Polda Metro Jaya menerima penitipan kendaraan selama mudik lebaran.

“Kemudian kami juga, kami, TNI, sudah bersepakat untuk membuka kantor-kantor kami sebagai penitipan, kendaraan roda dua maupun roda empat, mudah-mudahan bisa menampung dan memberikan keamanan bagi pemudik yang meninggalkan kendaraan roda dua maupun roda empat dan tidak ada bayaran ya, gratis,” kata Irjen Karyoto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/4/2024).

Karyoto mengatakan layanan penitipan kendaraan itu diharapkan dapat memberikan keamanan bagi masyarakat yang mudik. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan patroli skala sedang untuk melakukan pencegahan kejahatan rumah kosong selama mudik.

“Ini juga kita upayakan patroli skala sedang untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan pada saatnya pada hari H ditinggal pemudik, kami juga harus memberikan pelayanan yang maksimal untuk memberikan kepastian bahwa rumah yang ditinggalkan dalam keadaan aman,” ujarnya.

Dia meminta jajaran Kapolres agar maksimal saat melakukan pengamanan selama mudik Lebaran. Dia berharap tak terjadi aksi kriminalitas pada rumah warga yang ditinggalkan selama mudik.

“Nah kami juga sudah bertekad, mudah-mudahan, saya tekan kepada para Kapolres untuk bisa melakukan pencegahan yang maksimal sehingga tidak terjadi perbuatan-perbuatan pencurian rumah kosong maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang sifatnya materil, apalagi yang sifatnya jiwa. Kami upayakan itu semuanya kita hanya bisa berusaha. Masalah takdir hanya Tuhan yang maha tahu,” ujarnya.

(mib/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *