Jakarta

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Pelabuhan Merak, Banten. Pemerintah menjamin keamanan pemudik selama perjalanan mudik Lebaran 2024.

Hadi mengatakan pemerintah telah menyiapkan seluruh infrastruktur baik jalan maupun pelayanan di seluruh wilayah Indonesia pada arus mudik Lebaran 2024.

“Pemerintah menjamin keamanan para pemudik mulai dari keberangkatan sampai ke tempat tujuan, demikian juga pada arus balik dari tujuan sampai ke tempat asalnya dengan aman dan nyaman. Apa saja yang sudah dipersiapkan? Di seluruh jalur, baik itu jalur bebas hambatan, jalur jalan nasional, dermaga, semuanya sudah dipersiapkan,” kata Hadi di Pelabuhan Merak, Senin (1/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain kesiapan infrastruktur, pemerintah melalui kerja sama antarlembaga juga telah menyiapkan pos keamanan, pelayanan, dan pos terpadu di sepanjang jalur mudik. Koordinasi antarlembaga sudah dilakukan termasuk rencana darurat jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan.

“Kita juga sudah memikirkan apabila terjadi abnormal condition. Rencana tindakan kontijensi di antaranya adalah jika terjadi kemacetan apa yang harus dilakukan? Tindakannya adalah dengan mencarikan jalan alternatif,” tuturnya.

Guna menghindari kepadatan, Hadi mengimbau agar pemudik melakukan perjalanan mudik lebih awal. Khusus pengguna angkutan penyeberangan, pemudik diminta untuk membeli tiket H-1 sebelum pemberangkatan.

“Hari ini kita lakukan koordinasi, kita coba semuanya bisa berjalan dengan baik. Saya mengimbau apabila ingin melaksanakan mudik dengan lancar, 1 hari sebelum berangkat agar membeli tiket,” katanya.

(rfs/rfs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *