Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik selama mudik Lebaran 2024. Khususnya kepada masyarakat yang pulang kampung.

Sigit meminta seluruh jajaran Polda wilayah dapat bekerja sama dengan stakeholder terkait lainnya agar dapat memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan mudik Lebaran 2024. Sigit sendiri akan turun langsung untuk meninjau kesiapan arus mudik di sejumlah wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali.

“Untuk memastikan bahwa jalur, kemudian fasilitas penunjang, kemudian potensi terjadinya rawan kecelakaan, semua bisa kita minimalisir,” kata Sigit dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sigit meminta anggotanya betul-betul mempersiapkan pelbagai kebutuhan untuk menciptakan kondisi mudik Lebaran yang aman dan lancar. Pasalnya, data dari Kementerian Perhubungan RI memperkirakan jumlah pemudik di tahun 2024 bakal meningkat hingga 56 persen ketimbang tahun sebelumnya.

“Betul-betul bisa kita berikan pelayanan yang terbaik. Sehingga masyarakat yang melaksanakan mudik dan balik walaupun jumlahnya jauh lebih besar, namun semuanya kita harapkan bisa terkelola dengan baik,” ujar Sigit.

Sigit memastikan kepolisian menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai potensi kemacetan. Skema rekayasa lalu lintas itu berupa one way, contra flow hingga buffer zone di pelabuhan.

“Walaupun kita tahu pasti akan ada potensi kemacetan, namun mudah-mudahan dengan rekayasa yang kita siapkan itu bisa membantu mempercepat, menormalkan kembali, ataupun mengurai potensi-potensi yang macet,” tutup Sigit.

(isa/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *