Jakarta

Kedubes Republik Islam Iran di Jakarta mengecam keras serangan Israel ke gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah. Kedubes Iran menegaskan bahwa serangan ini merupakan pelanggaran serius.

“Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Jakarta dengan ini menyampaikan kecaman kerasnya atas serangan yang tidak beralasan dan melanggar hukum terhadap fasilitas konsulat kami di Damaskus, yang dilakukan oleh pasukan Israel,” kata Kedubes Iran dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2023).

“Tindakan mengerikan ini merupakan pelanggaran yang jelas dan serius terhadap hukum internasional, termasuk Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik tahun 1961,” sambungnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedubes Iran menyatakan serangan tersebut tak hanya merusak keamanan. Serangan tersebut juga telah bertentangan dengan prinsip kedaulatan.

“Serangan terhadap misi diplomatik tidak hanya menghancurkan keselamatan dan keamanan personel diplomatik tetapi juga bertentangan dengan prinsip kedaulatan dan non-intervensi yang merupakan landasan hubungan internasional dan diplomasi,” tuturnya.

Kedubes Iran juga mengajak negara lain dan PBB untuk mengutuk pelanggaran ini. PBB juga diminta mengambil langkah tegas untuk menangani masalah ini.

“Komunitas internasional, bersama dengan PBB, harus mengutuk pelanggaran ini dan mengambil langkah tegas untuk mengatasi dan memperbaiki pelanggaran ini. Sangat penting bagi pihak yang melakukan penyerangan untuk bertanggung jawab penuh atas tindakannya, yang secara terang-terangan telah mengabaikan norma dan konvensi yang mengatur interaksi antar negara secara damai dan beradab,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Republik Islam Iran mempunyai hak yang tidak dapat dicabut untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kepentingannya dan menjamin keamanan misi diplomatiknya di seluruh dunia.

“Kami akan mempertimbangkan tanggapan yang proporsional terhadap tindakan pelanggaran ini untuk mencegah terulangnya pelanggaran tercela tersebut. Iran berhak mengambil tindakan balasan terhadap serangan tersebut dan akan memutuskan bagaimana menghukum penyerangnya,” tegasnya.

Saat ini, Republik Islam Iran tetap berkomitmen menyelidiki semua aspek dari insiden ini dan memastikan keadilan ditegakkan.

Simak Video ‘Serangan Udara Israel di Gaza Tewaskan WN Polandia, Australia dan Inggris’:

[Gambas:Video 20detik]

(rdp/dhn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *