Jakarta

Komisi V DPR melakukan rapat kerja dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hari ini. Rapat membahas persiapan Mudik 2024.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi V DPR RI Lasarus di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta (2/4/2024). Lasarus membuka dengan mengatakan rapat terbuka untuk umum.

“Dengan materi untuk mendengarkan penjelasan pemerintah terkait persiapan pelayanan terhadap angkutan mudik dan balik lebaran 2024,” kata dia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Rapat kerja ini saya bukan dan terbuka untuk umum,” tambahnya.

Rapat juga dihadiri Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Irjen Aan Suhanan.

193 Juta Orang Akan Mudik

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pemudik pada masa Lebaran 2024 diprediksi mencapai 193 juta orang. Kemenhub melakukan sejumlah langkah antisipasi mulai dari pengaturan lalu lintas hingga mudik gratis.

“Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT), terdapat tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat secara nasional pada masa Lebaran 2024, yaitu sebesar 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia sebanyak 193 juta orang,” kata Budi dalam jumpa pers virtual persiapan mudik 2024, Minggu (17/3).

Sementara itu, sebanyak 28 juta orang diperkirakan akan meninggalkan Jabodetabek. Budi mengatakan pemudik Lebaran tahun ini akan meningkat.

“Dari angka tersebut, sebesar 14,6% atau 28,4 juta orang penduduk Jabodetabek akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2024, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kecenderungan peningkatan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 dibandingkan tahun 2023 sebesar 45,8% atau 123 juta orang,” katanya.

(ial/maa)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *