Jakarta

Menyusul tuntasnya perbaikan jalan dan drainase di sejumlah titik ruas Jalan Lingkar Selatan (JLS) oleh Dinas PUPR Kota Cilegon, kondisi JLS dinyatakan aman untuk dilintasi pemudik. Kepala Dinas PUPR Kota Cilegon Tb. Dendi Rudiatna mengatakan pihaknya telah melakukan perbaikan di 5 lokasi JLS.

Perbaikan itu berupa penambalan jalan retak atau jalan berlubang dengan pengerjaannya dikebut dari siang serta malam hari. Diketahui, anggaran perbaikan sepenuhnya menggunakan dana APBD.

Menurut Dendi, lokasi di mana terdapat jalan rusak adalah jalur dari Ciwandan menuju Cilegon. Sementara jalur sebaliknya yakni dari Cilegon menuju Ciwandan sepanjang 15 km kondisinya relatif bagus.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ada 7 titik jalan yang harus diperbaiki. Lima diantaranya sudah selesai kami kerjakan. Dua lagi sedang berjalan dan siap rampung sebelum puncak arus mudik,” papar Dendi dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2024).

Begitu pula untuk lokasi yang kerap terjadi genangan air ketika hujan deras turun, menurut Dendi, pihaknya sudah melakukan pembenahan. Selain drainase yang mampet dengan dikeruk menggunakan alat berat juga dilakukan pemasangan gorong-gorong.

“Berdasarkan kondisi JLS terkini tersebut, saya tentu menyesalkan manakala ada pihak yang memberi saran agar pemudik sebaiknya tidak melintasi JLS,” tambahnya.

Di samping itu, imbauan agar pemudik motor menuju Pelabuhan Ciwandan tidak melintasi JLS sangat berlebihan juga disuarakan Ketua Forum Industri Peduli (FIP) JLS Malim Hander Joni. Ia mengatakan bahwa pasalnya, pihak industri yang sehari-hari melintasi JLS saja merasa bersyukur atas kondisi JLS sekarang ini.

“Dibanding Lebaran tahun lalu saja kondisi JLS sekarang jauh lebih baik,” paparnya.

Menurut Joni, pada Lebaran tahun atas kepedulian bersama pada keselamatan warga, FIP JLS menggalang dana perbaikan sementara JLS untuk menghadapi arus mudik dan arus balik. Bersama Pemkot Cilegon, dana yang terkumpul kemudian digunakan menambal lubang jalan dan jembatan di sejumlah titik di JLS

Satu parameter lain perihal kelaikan JLS dilintasi arus mudik adalah terkait kepedulian dari Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Ditegaskan Joni, pihaknya mengetahui betul bahwa Helldy sangat ingin menjamin keselamatan semua pengguna jalan yang melintas di JLS.

“Jadi saya yakin, sebelum nanti para tamu Cilegon dari berbagai daerah melintasi JLS, kondisi JLS akan dipastikan aman terlebih dahulu oleh Pak Wali,” pungkasnya.

Untuk diketahui, seperti tahun lalu, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya penumpukan di Pelabuhan Merak, pada Lebaran 2024 ini Pemerintah Pusat kembali mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan untuk mengangkut pemudik sepeda motor. Jalur utama menuju Pelabuhan Ciwandan adalah JLS Kota Cilegon. Kementerian PUPR sendiri bersama Badan Pengelola Jalan Provinsi Banten pada Selasa 26 Maret melakukan peninjauan langsung ke JLS. Hasil peninjauan JLS sangat layak dilintasi arus mudik maupun arus balik Lebaran 2024.

(akn/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *