Jakarta

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengapresiasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dihadirkan pemerintah dalam mempercepat program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat. Hal ini dinilai mempermudah masyarakat mendapatkan legalitas tanah secara gratis.

Program yang ditempuh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang dipimpin Menteri Agus Harimurti Yudhoyono ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah. Pemerintah berkewajiban untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

“Program sertifikat tanah gratis ini dapat menyelesaikan banyak polemik pertanahan yang disebabkan belum adanya kepastian hukum terhadap kepemilikan tanah masyarakat,” ujar Syarief dalam keterangan tertulis, Rabu (3/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, Syarief mengapresiasi sertifikasi yang dilakukan berbasis digital. Ia mengungkapkan proses sertifikasi secara digital dapat menekan kemunculan sertifikat ganda yang menimbulkan masalah di masyarakat. Menurutnya, tidak akan ada lagi sertifikat yang keluar dengan data fisik dan yuridis yang sama karena semuanya telah terdata di satu pintu.

“Upaya Kementerian ATR/BPN yang melakukan sertifikasi tanah secara digital sangat positif. Karena juga dapat memacu pembinaan dan peningkatan literasi digital, serta meningkatkan efektivitas proses sertifikasi tanah,” kata Syarief.

Lebih lanjut, dirinya menyebut persoalan tanah ialah persoalan klasik dan sering menimbulkan sengketa di masyarakat, sehingga harus diselesaikan. Syarief menuturkan upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN sudah semakin baik dalam menyelesaikan sengketa tanah.

“Kami dari Fraksi Partai Demokrat DPR RI mendukung program pro rakyat, seperti program sertifikat gratis PTSL ini karena terbukti menyelesaikan masalah klasik di masyarakat secara pasti,” pungkasnya.

(ega/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *