Jakarta

Basarnas menggelar Siaga SAR untuk membantu pengamanan lebaran 2024. Basarnas menyiapkan 5 helikopter hingga 120 drone biothermal.

“Untuk alut sendiri kita lipatkan. Baik alut udara, terdiri dari 5 pesawat helikopter yang kita stand back-in. Ada satu di Merak untuk penyeberangan di Merak Bakauheni, satu di tengah nanti kita akan tempatkan di Tol Semarang di Kali Kangkung, dan di timur di Banyuwangi untuk penyeberangan jalan,” kata Kepala BASARNAS Marsekal Madya TNI Kusworo di Kantor BASARNAS Pusat, Jakarta, pada Rabu (3/4).

Kusworo mengatakan dua helikopter lainnya akan stand by. Dia menerangkan semua helikopter sudah siap beroperasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun drone yang siapkan sebanyak 120 unit. Drone ini nantinya akan dioperasikan untuk pemantauan awal terhadap perkembangan cuaca agar menerima informasi cepat ke Basarnas Central Common.

“Jadi untuk drone ini, itu bisa nge-link. Jadi artinya walaupun mungkin itu kejadiannya di tempat di manapun juga, selama itu link kita masuk di sana, kita juga bisa mengoperasionalisasi ataupun monitor dari pusat ini. Ataupun di tempat-tempat di mana kita berada. Dan ini saya melihat sangat efektif dan efisien. Tiga bulan terakhir ini kita sudah praktikkan terutama kemarin awal-awal pada saat Nataru,” jelas Kusworo.

Drone biothermal ini disebut memiliki kemampuan on paper yang bisa mencapai kejauhan hingga 7 km dan bisa mendeteksi baik saat siang maupun malam hari. Tim Basarnas telah mencoba drone ini hingga 2 km lebih di sekitar area Merak.

Sementara untuk wilayah laut, Basarnas menyiapkan 83 kapal laut, baik kelas I, II, maupun III yang akan bertugas di tempat-tempat rawan bencana termasuk area berpotensi gelombang tinggi sesuai informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Salah satunya yang tadi itu gelombang tinggi dan lain sebagainya, kita sudah mengantisipasi dengan menempatkan kapal-kapal atau tim rescue di lokasi-lokasi yang memang tempat-tempat rawan. Dan tentunya sebagai tindakan awal untuk mengantisipasi daripada terjadinya perkembangan cuaca, dinamika cuaca tadi yang menggunakan drone tadi,” jelas Kusworo.

Demikian dengan alut darat, 10 jenis kendaraan disiapkan termasuk car rescue, truck rescue, hingga ambulans. Berbagai alut darat dipamerkan dalam kegiatan Apel Satgas SAR Khusus Lebaran di depan Gedung Basarnas.

Simak juga Video ‘Stasiun Pasar Turi Ramai Pemudik di H-7 Lebaran’:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *