Tangerang

Penjabat Walikota Tangerang Nurdin mengimbau pada masyarakat untuk melakukan 4M sebagai upaya pencegahan kasus Demam Berdarah (DBD). Imbauan itu tak lepas karena musim hujan ini adalah musim rawan nyamuk DBD berkembang biak.

“Sebagaimana yang sudah kami viralkan lewat media sosial, agar masyarakat terus melaksanakan 4M, menguras, menimbun, memanfaatkan barang yang ada agar tidak muncul sarang nyamuk di rumah tangga,” kata Nurdin di Kota Tangerang pada akhir Maret 2024.

Selanjutnya upaya 4M yang dimaksud Nurdin ialah menguras bak air, tempayan atau tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk berkembang biak. Kemudian menutup semua wadah air agar nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD tidak masuk dan berkembang biak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun yang ketiga adalah mengubur semua barang bekas yang berpotensi menampung sisa air hujan dan menjadi sarang nyamuk. Terakhir adalah memantau semua wadah air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Nurdin mengungkapkan telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah DBD. Pihaknya telah melakukan itu sejak sebulan lalu.

“Termasuk upaya fogging, kami dorong juga 4M untuk memberantas sarang nyamuk, kader-kader jumantik kita semua bergerak di seluruh Kota Tangerang untuk melakukan upaya preventif agar tidak terjadi kasus DBD yang meningkat,” jelas Nurdin.

Selain semua upaya pencegahan itu, Nurdin juga menyebut pentingnya lotion antinyamuk untuk digunakan. Menurutnya lotion akan menjadi upaya pencegahan terakhir jika nyamuk DBD benar-benar menyerang masyarakat.

“Lotion (antinyamuk) juga jadi bagian penting salah satunya (dalam pencegahan), yang lebih utama tentu menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya bayi, anak kecil, dikasih baju lengan panjang dan lotion antinyamuk,” ucapnya.

(idn/idn)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *