Jakarta

Kementerian Perhubungan memetakan titik-titik krusial selama periode Mudik Lebaran 2024, baik di darat maupun laut. Beberapa di antaranya ialah Cipali, Merak, Ketapang, hingga Batam.

“Sebelum kita melakukan cara bertindak seperti apa, kita mapping di mana tempat-tempat krusial, mungkin rekan-rekan di Batam yang krusial. Mungkin rekan-rekan juga tahu bahwa titik krusial itu di Cipali, lalu di Merak lalu di Ketapang,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

“Di laut juga ada titik krusial yang ada, katakanlah di Batam, ada yang di Makassar, Balikpapan, Sulawesi Selatan, dan juga di Madura,” sambungnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemenhub juga mencatat jalur tol arah Jawa merupakan tol yang paling padat. Karena itu, pihaknya menyiapkan sejumlah upaya menghadapi kepadatan lalu lintas selama Mudik Lebaran 2024.

“Jalur utama dari mobilitas Tol Transjabar adalah 31 persen, disusul Tol Cipularang, Tol Sumatera, Merak, dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Saya memberikan catatan Tol Arah Jawa adalah tol paling padat dan kita sudah melakukan upaya-upaya bagaimana menghadapi itu semua,” jelasnya.

Budi menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta antisipasi lonjakan mudik, khususnya pergerakan ke arah timur, serta mengimbau supaya masyarakat menjalani mudik maksimal H-3 Lebaran.

“Bapak Presiden sekali lagi saya sampaikan menyambut baik dan kita diharapkan melakukan antisipasi lonjakan mudik, terutama ke arah timur lebih besar, tetapi ke arah barat pada titik merak menjadi suatu titik pantau,” terangnya.

Budi kembali membeberkan jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 193 juta orang. Angka tersebut, menurut dia, mengalami peningkatan 45 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Angka ini besar dan mengejutkan tetapi saya katakan bahwa 193,6 juta itu adalah satu pergerakan antara dua kabupaten, seperti yang terjadi di Jakarta, Yogya, Surabaya, dan kabupaten lain,” terangnya.

Budi juga baru saja meresmikan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024-1445 H. Posko ini akan dibuka selama periode mudik Lebaran pada 3-18 April 2024 mendatang.

Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu berlokasi di Gedung Mataram Kantor Kementerian Perhubungan. Posko akan beroperasi dalam dua shift, yaitu pukul 08.00-20.00 WIB dan pukul 20.00-08.00 WIB.

Secara khusus, Budi meminta para stakeholder terkait menampilkan performa realtime kondisi di lapangan kepada masyarakat sehingga memudahkan koordinasi di lapangan.

“Posko kita laksanakan tanggal 3 sampai 18 April 2024. Secara khusus saya minta stakeholder menampilkan performa realtime dari masyarakat, katakan Jasa Marga, KAI, ASDP, juga para Dirjen menampilkan real time sehingga apabila wartawan atau kita ingin ketahui kondisi di lapangan kita dapat berkoordinasi dengan baik,” terangnya.

(taa/yld)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *