Jakarta

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) mengecek kelaikan bus di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Bus yang dicek adalah yang digunakan untuk angkutan mudik Lebaran.

“Hari ini kita melakukan tes keselamatan atau ramp check terhadap bus angkutan Lebaran. Saat ini kita ada di salah satu pool. Kita melakukan pengecekan, kelaikan dari kendaraan yang digunakan dalam rangka angkutan mudik Lebaran,” kata Kadishub Kabupaten Bogor, Agus Ridho, kepada wartawan di Sukaraja, Rabu (3/4/2024).

Agus mengatakan sejauh ini, bus yang dicek masuk kategori laik jalan. Kegiatan dilakukan bersama dengan polisi, TNI, dan sejumlah instansi terkait.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Alhamdulillah bagus, jadi dari mulai sistem pengereman, lampu, dan semuanya itu cukup bagus. Kegiatan ini bersama-sama dengan kepolisian, TNI, kita bersama-sama. Ini kegiatan kesekian kalinya di Kabupaten Bogor ke PO dan terminal,” ucapnya.

Kegiatan uji kelaikan tersebut akan terus dilakukan selama masa mudik Lebaran. Apabila ada kendaraan yang tidak lain, maka akan ditindak oleh petugas.

“Kalau nanti ditemukan oleh tim tidak laik, tentunya kendaraan atau bus tersebut tidak bisa digunakan. Kecuali nanti ada perbaikan. Nanti dilihat apakah kerusakannya fatal atau kecil, yang tentunya nanti bisa diperbaiki ya,” ujarnya.

Trayek bus yang dicek utamanya yang tujuan ke arah timur Pulau Jawa. Dia berharap dengan adanya pengecekan tersebut, masyarakat bisa mudik dengan aman.

“Ini makanya pentingnya kita melakukan pengecekan. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa melaksanakan mudik Lebaran dengan aman, selamat, tertib, dan nyaman selama perjalanan,” tuturnya.

“Yang jelas kan untuk bus yang digunakan untuk mudik harus laik. PO yang ada di Kabupaten Bogor sudah kita lakukan pengecekan, dan rata-rata laik. Ada mungkin yang tidak laik kerusakan kecil, tapi langsung diperbaiki,” sambung dia.

(rdh/whn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *