Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan salah satu evaluasi dari pengamanan mudik Lebaran tahun sebelumnya yaitu dampak rekayasa lalu lintas di tol ke jalur arteri. Kapolri ingin dampak tersebut dapat diantisipasi sehingga semua pemudik di jalur mana pun bisa sampai ke kampung halaman dengan aman dan lancar.

“Di sisi lain tentunya kami juga melakukan evaluasi agar di jalur arteri pun tidak terlalu dampak atau tetap berjalan dan tentunya ini utamanya pada saat kita melaksanakan kebijakan one way sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik,” kata Kapolri usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2024 bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Monas, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Kapolri juga menyampaikan kesiapan jajaran dalam mengantisipasi perubahan cuaca di Indonesia. Sejumlah jalur alternatif disiapkan jika terjadi kemacetan akibat banjir.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tentunya rekan-rekan yang lain juga telah mempersiapkan contigency plan karena memang saat ini kita sedang menghadapi perubahan cuaca, namun kita rasakan hujan masih berlangsung sehingga tentunya ada potensi titik-titik macet banjir. Dan kita harus mempersiapkan alternatif-alternatifnya dan ini semua akan kita lakukan evaluasi setiap hari dan kita harapkan ini menjadi bagian dari upaya untuk memberikan kenyamanan terhadap kegiatan arus mudik,” ujar Kapolri.

Selain itu, Kapolri kembali mengimbau masyarakat untuk melaksanakan mudik lebih awal. Dengan demikian, arus mudik bisa lebih terurai dan tidak tertumpu di satu waktu tertentu.

“Tentunya kami mengimbau karena kepadatan yang luar biasa apabila masyarakat bisa melaksanakan lebih awal tentunya akan lebih baik, karena tentunya akan mengurangi potensi kemacetan di jalan. Namun demikian Polri tetap mempersiapkan rekayasa lalu lintas bilamana diperlukan baik mulai dari yang sifatnya pengaturan ganjil genap kemudian pengaturan contraflow sampai kemudian pengaturan one way,” imbuh dia.

(knv/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *