Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyentuh kepuasan masyarakat terkait pelayanan arus mudik tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Jenderal Sigit minta pencapaian tersebut dipertahankan di Idul Fitri 2024.

“Berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022,” kata Sigit dalam amanatnya saat memimpin apel Operasi Ketupat 2024 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Jenderal Sigit mengatakan pencapaian tersebut terwujud atas keras-keras dan sinergitas personel gabungan dalam menjalankan tugas. Dia meminta pencapaian tersebut dipertahankan dan ditingkatkan tahun ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras yang telah dilakukan rekan rekan semua yang harus dipertahankan, dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini,” ujarnya.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023. Atas arahan Presiden Joko Widodo, dia meminta semua personel bekerja serius dalam memastikan rangkaian Idul Fitri 2024 berjalan lancar.

“Bapak Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu, dan total yang akan mudik 190 juta pemudik. Oleh sebab itu, saya mengimbau, dan mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal dan pelaksanaan pengamanan arus balik mudik betul-betul dilaksanakan dengan baik,” tuturnya.

155 Ribu Personel Dikerahkan

Polri mengerahkan 155 ribu personel selama Operasi Ketupat 2024. Mereka akan disebar untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran 2024.

“Penggelaran pasukan merupakan penggelaran yang cukup besar, kurang lebih 155.165 personel yang terlibat, di dalam ada stakeholder terkait sejumlah 69.969 perseonel,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, usai rakor lintas sektoral persiapan Ops Ketupat 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Operasi tersebut dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Sebagaimana tadi disampaikan Bapak Menko PMK, bahwa mudik tahun 2024 ini terjadi peningkatan kurang lebih 56 persen, kalau tidak salah tadi, dibandingkan dengan mudik 2023,” kata Jenderal Sigit dalam penjelasannya.

Polri menyiapkan sejumlah strategi pengamanan menjelang arus mudik 2024. Termasuk terkait rekayasa lalu lintas dan pemetaan jalur mudik yang rawan kecelakaan.

“Ini menjadi penting karena memang secara statistik terjadi penurunan terkait dengan masalah laka lantas apabila dibandingkan dengan tahun 2022. Namun demikian karena yang mudik kali ini meningkat, kita mengharapkan laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik,” paparnya.

(wnv/zap)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *