Jakarta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti masyarakat agar tidak mudik dengan mengendarai sepeda motor. Sebab, Budi mengatakan angka kecelakaan lalu lintas sepeda motor mencapai 70 persen.

“Seyogianya melakukan mudik dengan angkutan massal, mobil pribadi apalagi motor saya kira tidak digunakan terutama motor karena kecelakaan banyak 70 persen karena motor,” kata Budi dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Budi lantas menganjurkan agar masyarakat memilih mudik menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi motor auaupun mobil. Selain itu, Kemenhub serta sejumlah instansi juga mengadakan program mudik gratis ke berbagai tujuan yang bisa diikuti masyarakat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita menyediakan juga mudik gratis,” ucapnya.

Sejauh ini, Kemenhub telah memetakan titik krusial mudik tahun ini. Beberapa di antaranya ialah Cipali, Merak, Ketapang, Makassar, Balikpapan, Sulawesi Selatan, Madura, hingga Batam.

Sejauh ini, Kemenhub bersama stakeholder terkait pun telah menentukan waktu penerapan kebijakan contraflow, one way, maupun ganjil-genap.

“Kakorlantas sudah menetapkan ganjil genap. Kalau one way dan contraflow akan dilihat di waktu-waktu bagaimana keadaannya,” ucapnya.

Sementara di Pelabuhan Merak, Banten, pengelola tak menerima pembelian tiket secara langsung (go show). Pengelola juga menyiapkan ruang tunggu khusus bagi penumpang yang kapalnya mengalami keterlambatan (delay).

“Merak saya apresiasi sudah memberikan suatu solusi yaitu kalau mudik harus beli online satu hari sebelumnya. Kalau go show tidak diterima. Jadi silahkan membeli. Lalu kami juga melakukan suatu delay season dimana tempat yang namanya rest area menjadi tempat delay supaya tidak terjadi penumpukan di Merak. Ini juga dilakukan di Ketapang dan sebagainya,” terangnya.

(taa/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *