Jakarta

Pelebaran bahu jalan di sekitar perlintasan kereta api bandara Kasang, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman, menuai pujian dari masyarakat. Kegiatan yang terlaksana atas dorongan Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade itu dinilai memberikan dampak positif, tak hanya bagi pengguna jalan raya, namun juga bagi warga sekitar.

Andre telah memenuhi janjinya untuk memastikan jalur Padang-Bukittinggi itu bisa lebih lancar dan tidak macet parah. Sebelumnya, jalur itu menjadi momok menakutkan pengendara, karena menyempit, sedikit mendaki dan relnya juga rusak parah.

Bagi pengendara, perbaikan dan pelebaran jalan ini dinilai mampu mengantisipasi kemacetan panjang yang sempat mendera kawasan itu selama ini. Bahkan, tak jarang akibat kemacetan sering terjadi pertengkaran hingga mempertontonkan adegan kontak fisik antar sesama pengendara yang berebut saling mendahului. Dengan pelebaran jalan ini, ancaman macet total saat Lebaran juga dapat diatasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Andre Rosiade berterima kasih atas respon cepat PT KAI, utamanya Divre Sumbar terkait hal ini. Dia berharap pengerjaan dapat dituntaskan segera, jelang arus lalu lintas Lebaran.

“Banyak yang menginfokan kepada kami soal pengerjaan yang hampir tuntas. Semoga bisa membantu kelancaran lalu lintas Lebaran, jelang dibuat lebih permanen dengan beton cetak beberapa bulan ke depan,” tutur Andre Rosiade dalam keterangan tertulis, Rabu (3/4/2024).

Andre mengatakan, sebagai wakil rakyat dia akan selalu memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi keluhan terhadap kemacetan di Kasang ini sudah berlarut-larut.

“Sebagai kader Gerindra, partainya pak Prabowo kami tak mau omon-omon. Kami ingin terus bekerja nyata untuk membantu masyarakat Sumbar,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sementara itu, Quality Control (QC) Operaisonal KAI Divre Sumbar Andrizal mengatakan pekerjaan terus dikebut dan diharapkan akan selesai dalam beberapa hari ke depan.

“Kita terus kerjakan sejak diminta pak Andre Rosiade beberapa waktu lalu. Targetnya bisa mengurangi kemacetan arus Lebaran Idul Fitri beberapa hari ke depan. Mudah-mudahan klir (selesai) segera,” tegasnya.

Bagi warga sekitar, pelebaran jalan makin mempercantik lingkungan tempat tinggal mereka. Dengan adanya lingkungan yang nyaman dan asri, diyakini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat ke depannya.

“Kami bersyukur dengan adanya pelebaran jalan ini, sehingga daerah sekitar perlintasan kereta api bandara yang sebelumnya macet parah, kini mulai berkurang,” ungkap salah seorang pengendara yang melintasi jalan, Miftah Lubis.

Rasa syukur itu juga diungkapkan warga sekitar. Pemandangan macet yang terjadi selama ini, berdampak pada lesunya perekonomian masyarakat, terutama bagi mereka yang berjualan di pinggir jalan. Dengan pelebaran jalan ini, perekonomian masyarakat sekitar bisa lebih baik.

“Terima kasih pak Andre Rosiade. Berkat perjuangan bapak jalan kami bisa diperlebar. Kami berharap ini bisa memperbaiki ekonomi kami juga,” imbuh Afrizal (59).

Afrizal juga menitip harapan kepada Andre Rosiade untuk bisa menyampaikan keluhan warga sekitar kepada PT KAI. Ini terkait dengan kebanjiran yang sering melanda rumahnya sejak dibangunnya perlintasan kereta api bandara. Banjir tersebut dipicu kecilnya polongan saluran air yang berada di dekat perlintasan kereta api.

“Kami atas nama warga sekitar perlintasan kereta api bandara Kasang, juga berharap agar pak Andre juga bisa menyampaikan keluhan kami ini kepada PT KAI. Terkait kebanjiran yang kami hadapi setiap musim hujan tiba ini,” tuturnya.

Warga lainnya, Rita Okta Prima Sary (35) juga berterima kasih karena Andre Rosiade bisa membuat PTKAI mempercepat pelebaran jalan di tempat tinggal mereka.

“Kami senang, berkat perjuangan pak Andre Rosiade jalan kami sudah diperlebar, sehingga kemacetan dapat berkurang,” ungkapnya.

(anl/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *