Jakarta

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan ke Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang. Keduanya membahas soal kerja sama di bidang pertahanan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Perdana Menteri, Tokyo, Jepang, Rabu (3/4/2024), Prabowo mengungkapkan keinginannya untuk bekerja sama dengan Jepang. Khususnya, kata dia, terkait kerja sama pertahanan yang lebih mendalam antara Indonesia dan Jepang.

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” kata Prabowo dalam keterangannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, PM Kishida berharap dapat memperdalam kolaborasi bilateral dengan Indonesia untuk mendorong kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Dia juga mengaku bergembira bisa bertemu dengan Prabowo.

“Kunjungan ini sangat menggembirakan. Jepang dan Indonesia telah berteman dekat sejak lama. Saya ingin (Jepang dan Indonesia) lebih meningkatkan kerja sama sebagai mitra yang berbagi nilai dan prinsip dasar,” ujar Kishida.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Delegasi Jepang dihadiri oleh Deputy Chief Cabinet Secretary Mr Hiroshi Moria, Secretary General NSS Mr. Takeo AKIBA, Duta Besar Jepang untuk Indonesia HE Mr Masaki Yasushi, Deputy Minister for Foreign Affairs Mr Takehiro Funakoshi, DG South Asia Mr Ryo Nakamura, dan Vice Minister of Defense for International Affairs Mr. Kiyoshi Serizawa.

Sementara dari pihak delegasi RI ada Dubes RI, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, Kabaranahan Kemhan, dan Athan RI di Tokyo.

(maa/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *