Serang

Polda Banten melakukan gelar pasukan untuk kesiapsiagaan pada Operasi Operasi Ketupat 2024. Sebanyak 3.100 personel polisi disiagakan di sepanjang jalur mudik dari Tangerang hingga Pelabuhan Merak.

“Untuk personel kurang lebih 3.100 yang dilibatkan ini dari Polda dan Polres jajaran mulai dari tergelar dari perbatasan dari Polres Tangerang sampai dengan mulai dari Cikupa Tangerang sampai dengan Merak,” kata Kapolda Banten Irjen Abdul Karim di Mapolda Banten, Rabu (3/4/2024)

Di Merak, personel akan disiagakan di 3 pelabuhan utama yang melayani masyarakat menuju Pulau Sumatera. Yaitu di Pelabuhan Merak termasuk Indah Kiat, Pelabuhan Ciwandan dan BBJ Bojonegara. Selain itu ada 38 Pospam di sepanjang jalur mudik di wilayah Banten dengan 7 pos layanan dan 7 pos terpadu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Abdul Karim menambahkan bahwa polisi telah menyiapkan delay sistem untuk mengantisipasi adanya kemacetan atau antrian menuju Pelabuhan Merak. Titik rawan kemacetan ada di kilometer 40 dan 60 di dalam tol.

“Itu potensi kerawanan kemacetan tapi kita punya delay sistem,” ujarnya.

Sistem ini adalah memanfaatkan kantong parkir dan rest area untuk pengendara agar tidak ke Pelabuhan Merak saat kondisi padat. Delay sistem dengan memanfaatkan rest area dan kantong-kantong parkir itu digunakan mengantisipasi kemacetan pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tidak ada penumpukan di Merak, jadi nanti mekanismenya ketika terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak sudah full artinya misal kapal terjadi delay kendaraan kita tahan semua. Jadi yang di jalan tol itu yang akan ke pelabuhan merak kita himbau di sana di jalan, (ada) anggota lalu lintas di kantong kantong itu,” pungkasnya.

(bri/azh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *