Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan strategi untuk mengurai kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024. Salah satunya yaitu penambahan pintu exit tol.

“Bagaimana kemacetan ini bisa kita urai dengan baik sehingga tadi sudah dilaporkan adanya beberapa penambahan pintu-pintu exit tol,” kata Kapolri dalam keterangan pers di Posko Terpadu GT Kalikangkung, Rabu (3/4/2024).

Selain itu, petugas juga bakal ditambah untuk mempercepat pelayanan kepada pemudik. Di sisi lain, Kapolri juga mengantisipasi potensi kemacetan akibat banjir karena cuaca yang tidak menentu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dan kemudian sistem pembayaran terkait dengan pelayanan terhadap masyarakat yang menggunakan tiket tol dengan menambah petugas-petugas tambahan dan card reader yang tentunya ini akan mempercepat atau mengurai kemacetan yang ada,” ujar Kapolri.

Kapolri meminta jajaran untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait jalur alternatif imbas banjir di sejumlah titik. Dia ingin mudik Lebaran 2024 berjalan aman dan lancar.

“Sekaligus juga memberikan informasi terkait dengan wilayah-wilayah yang kemarin menjadi titik-titik banjir, kalau tidak salah ada 11 titik yang sempat terlanda banjir dan sudah disiapkan jalur alternatif-alternatifnya nanti mohon untuk ini juga bisa diinformasikan ke masyarakat sehingga kemudian jalur-jalur alternatif tersebut bisa menjadi pilihan pada saat cuaca hujan dan air kemudian tergenang,” imbuh Kapolri.

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menyampaikan survei yang digelar Kementerian Perhubungan terkait potensi kenaikan jumlah pemudik pada tahun ini. Khusus di jalur Tol Kalikangkung, peningkatan diprediksi sekitar 4 persen pada saat arus mudik.

“Hari ini kita langsung cek di KM 41 Kalikangkung dan tadi kita sudah mendapatkan laporan terkait dengan kesiapan karena memang berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan akan ada peningkatan 56 persen ataupun kalau dihitung yang masuk ataupun keluar di jalur Tol Kalikangkung ini akan meningkat sekitar 4 persen. Dan pada saat balik nanti akan meningkat sekitar 1,5 persen sehingga ini juga membutuhkan perhatian khusus,” ujar Kapolri.

(knv/hri)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *