Jakarta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memetakan sejumlah lokasi yang akan menjadi titik krusial selama periode mudik Lebaran 2024. Beberapa titik di antaranya di antaranya yakni Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ketapang.

Budi Karya menyampaikan selama mudik Lebaran, masyarakat tidak hanya mudik ke arah timur, melainkan juga ke arah barat. Untuk ke arah barat, Budi mengungkapkan akan terjadi bottleneck atau penyempitan di Pelabuhan Merak.

Dalam menangani penyempitan yang akan terjadi di wilayah pelabuhan, Budi menuturkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pembagian fungsi pelabuhan. Hal ini rencananya akan diterapkan di Pelabuhan Merak, Ciwandan, dan Bandar Bakau Jaya (BBJ).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Untuk yang ke barat, bottlenecknya itu ada di Merak. Beberapa yang kita lakukan adalah membagi fungsi Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ. Sebelumnya hanya Merak dan Ciwandan yang melayani kendaraan roda dua. Tahun ini tambahan Pelabuhan BBJ. Nah itu sedikit mengurangi tekanan terhadap merak,” ujar Budi dalam talkshow Mudik Ceria Penuh Makna bersama detikcom, Kamis (4/4/2024).

Sementara itu, Budi menerapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi terkait kapal yang difungsikan sebagai angkutan massal. Dirinya mengatakan, kapal yang beroperasi harus memiliki kapasitas serta tingkat kecepatan yang tinggi.

Adapun langkah yang kedua, lanjut Budi, yakni penerapan sistem ticketing melalui Ferizy. Dengan layanan tiket berbasis online ini, para pemudik diharuskan membeli tiket secara online pada satu hari sebelum keberangkatan. Lewat hal ini, Budi berharap agar tidak terjadi penumpukan.

Tidak hanya itu, Budi menambahkan pihaknya akan menerapkan Delay System. Hal ini merupakan skenario yang diluncurkan untuk melakukan tindakan pada arus lalu lintas yang menuju ke penyeberangan Merak, Ciwandan, maupun BBJ.

“Nah di sana juga kita terapkan Delay System, kalau pun dari jumlah yang sudah mendaftar besar, kita masukkan ke kantong-kantong itu,” ucap Budi.

Selain Merak, Pelabuhan Ketapang juga menjadi titik krusial pada mudik lebaran mendatang. Untuk mengantisipasi stagnasi, Kemenhub melakukan penambahan pelabuhan seperti di Jangkar dan Ketapang.

“Pergerakan orang ke Bali dan dari Bali keluar ini sama banyaknya. Melalui hal tersebut, kami menambah pelabuhan seperti Jangkar dan Ketapang, diharapkan ini dapat membantu karena di lokasi tersebut seringkali terjadi stagnasi,” terangnya.

Berbagai informasi terkini soal mudik di momen Lebaran ini disajikan oleh detikcom melalui Program Teman Mudik yang bekerja sama dengan Kemenhub RI. Anda bisa ikuti kabar terupdate-nya dengan klik di sini.

(prf/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *