Jakarta

Longsor terjadi di KM 64 Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dari Jakarta arah Sukabumi. Longsor ini menyebabkan satu ruas jalan ambles hingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Pemangku Kepentingan, Sony Sulaksono, menjelaskan proses perbaikan bagian jalan tol yang longsor itu memerlukan waktu hingga tiga bulan. Sebab, kerusakan jalan itu tergolong berat.

“Terkait kerusakan lancar di Bocimi ini memang kita sudah mengevaluasi ke sana karena memang agak berat kerusakannya, karena hampir satu ruas jalan. Kalau kita paksakan perbaikan untuk kegiatan mudik dan (arus) balik, saya kira terlalu riskan. Jadi pengalaman dari longsor-longsor sebelumnya itu mungkin 2-3 bulan baru bisa diselesaikan,” kata Sony di Command Center Korlantas Polri di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (4/4/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia pun meminta agar masyarakat memaklumi kondisi ini sehingga mencari rute alternatif untuk menuju ke Sukabumi ataupun ke Jakarta pada saat pelaksanaan mudik maupun arus balik lebaran 2024.

“Kita berharap kesadaran terhadap masyarakat untuk tadi, alternatif yang sudah diberikan untuk melewati ruas jalan tersebut,” ungkap Sony.

Rekayasa Lalin: Keluar di Exit Tol Cigombong

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di Tol Bocimi imbas terjadinya longsor. Kendaraan dari arah Jakarta dikeluarkan di Exit Tol Cigombong.

“Terkait kejadian longsor yang di Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) itu kami sudah melaksanakan rekayasa lalu lintas. Terkait dari arah Jakarta menuju Sukabumi itu nanti akan kita keluarkan di Exit Tol Cigombong, kemudian masuk lagi mereka ke Intran Parungkuda, lanjut mengarah ke Sukabumi,” kata Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso, kepada wartawan di Jakarta.

Dari Jakarta Keluar di Parungkuda

Slamet menjelaskan, rekayasa ini juga diberlakukan bagi pengendara yang melaju dari Sukabumi arah Jakarta. Kendaraan dari Sukabumi ke Jakarta akan dikeluarkan di Gerbang Tol Parungkuda dan masuk lagi di Gerbang Tol Cigombong.

Slamet mengatakan penanganan perbaikan ruas Tol Bocimi saat ini masih ditangani pihak BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol).

“Untuk pengamanan jalur yang di titik longsor dan untuk rehabilitasi dari BPJT yang ada,” ungkap Slamet.

(dnu/dnu)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *