Jakarta

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Kapolri meminta jajarannya untuk mengawasi penjualan tiket liar sehingga masyarakat yang akan mudik bisa terlayani dengan baik.

Hal itu disampaikan Kapolri saat menyampaikan arahan di Pos Pengamanan Terpadu Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (4/4/2024). Hadir dalam acara tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Sebelum menyampaikan arahan, Kapolri bersama para pejabat yang hadir mendengarkan terlebih dahulu paparan dari Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi. Ira menyampaikan mengenai evaluasi dan perbaikan yang dilakukan di Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Atas evaluasi tersebut, Kapolri menyampaikan terima kasih. Kapolri berharap catatan tersebut menjadi perbaikan agar pelaksanaan mudik Lebaran 2024 bisa berjalan lebih baik.

“Saya kira ini menjadi catatan penting kita bersama alhamdulillah juga bahwa hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan peninajauan pada saat situasi arus mudik masih bisa terkendali sehingga tentunya beberapa catatan ini betul-betul menjadi bermanfaat buat kita semua,” kata Kapolri.

Kapolri juga meminta potensi antrean di kedua pelabuhan tersebut untuk diantisipasi. Dia meminta agar setiap sarana dipastikan dengan baik agar masyarakat bisa terlayani.

Selain itu, Kapolri meminta jajaran untuk mengawasi potensi penjualan tiket liar. Dia khawatir apabila hal itu tidak ditangani dengan baik, maka akan menjadi sumber masalah dalam pelaksanaan mudik.

“Ini juga menjadi sangat penting dan juga memastikan masyarakat terlayani sesuai dengan harga tiket yang sudah ditentukan, karena apabila ini tidak diawasi dengan baik ini juga akan menjadi sumber masalah,” kata Kapolri.

Mantan Kabareskrim Polri itu menekankan Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang memang jalur utama bagi para pemudik. Masyarakat menggunakan jalur tersebut untuk bepergian dari Jawa ke Bali maupun sebaliknya.

“Mumpung masih ada, mohon untuk dicek dikoreksi lagi, termasuk kesiapan personelnya sehingga dalam beberapa hari ke depan ini bisa siap berjalan dengan baik, baik dari Gilimanuk-Ketapang dan sebaliknya, khususnya pada saat mendekati puncak mudik dan puncak balik,” imbuh Kapolri.

(knv/hri)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *