Jakarta

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kini ramai didatangi para pemudik. Para perantau siap kembali ke kampung halamannya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di hari Lebaran yang tinggal enam hari lagi.

Pantauan detikcom di Terminal 3 Bandara Soetta, Kamis (4/4/2024), masyarakat tampak memenuhi tempat duduk di sekitar check-in counter area keberangkatan domestik. Mereka terlihat duduk santai sambil menunggu waktu mendekati jadwal penerbangan.

Terlihat pula di area check-in counter beberapa maskapai, antrean para penumpang mulai mengular. Beberapa dari penumpang memilih melakukan check-in mandiri di mesin yang tersedia di dekat check-in counter.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebaran memang menjadi momen yang dinanti-nantikan setiap tahunnya, terutama untuk para perantau. Kesempatan untuk berkumpul kembali bersama keluarga menjadi hal yang disyukuri.

“Aku udah lama banget nggak pulang, sekitar 8 bulanan, dan Alhamdulillah aku sekarang diberi kesempatan buat mudik dan berkumpul sama keluarga-keluarga di rumah,” ucap Azizah (21), pemudik tujuan Padang.

Pemudik tujuan Padang lainnya, Arli (43), mengaku sampai mengajukan cuti di tempat ia kerja demi punya waktu lebih lama di kampung halamannya. Terlebih, orang tuanya masih berada di kampung sementara ia hanya pulang saat Lebaran dan acara keluarga.

“Iya emang pengen lebih lama di kampung sih karena saya orang tua masih di sana. Jadi memang bawa anak gitu ya, pengen lebih lama lah sama keluarga. Ketemunya biasa lebaran atau kalau ada yang nikahan gitu kan. Jadi biar sama saudara-saudaranya bisa lebih lama,” kata Arli.

Antusiasme Arli untuk pulang kampung terbukti dengan ia dan keluarga yang berangkat lebih awal ke bandara. Dia mengaku telah tiba di bandara 2,5 jam sebelum keberangkatan.

“Jam 17.25 (penerbangannya). Nyampe di sini udah sekitar jam 3 ya kayaknya,” katanya.

Kedatangan lebih awal di Bandara Soetta memang sengaja Arli lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan. Apalagi, hujan deras yang terkadang tiba-tiba mengguyur Jakarta berpotensi meningkatkan kemungkinan macet.

“Iya gitu takut macet. Karena kan kemaren hujannya ini banget ya, cukup deras ya dari siang sampai sore, khawatir ada situasi-situasi yang tidak bisa diduga aja gitu. Dulu kan pernah juga bandara banjir ya. Jadi kita antisipasi lah datang lebih awal,” ujarnya.

Arli juga menyiapkan oleh-oleh untuk keluarganya yang ada di kampung. Ia membawakan camilan yang tidak ada di Padang.

“Oleh-olehnya biasanya sebenernya hampir sama dengan yang sebelumnya. Cuma karena keluarga suka ya, jadi oleh-olehnya itu-itu lagi. Mereka suka oleh-oleh Bandung. Kalau di sana kan lebih biasa makanan tradisional sana ya. Jadi kalau misalnya kita dari Jakarta bawanya sesuatu yang memang di sana belum ada nih,” pungkas Arli.

(ygs/ygs)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *