Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan bakal melantik Marsdya Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) pada Jumat besok. Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Tonny menjadi KSAU yang sangat mengerti permasalahan.

“Ya kita harapkan beliau menjadi kepala staf yang sangat memahami persoalan,” kata Ma’ruf di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/4/2024).

Ma’ruf tak ragu dengan kapasitas Tonny. Sebab, kata dia, Tonny juga pernah menjabat sebagai sekretaris militer presiden (Sesmilpres).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Beliau juga pernah menjadi sekretaris militer presiden, sehingga beliau juga tentu sudah tahu persoalan-persoalan kebangsaan dan kenegaraan yang tidak saja teknis keangkatanudaraan tapi juga masalah-masalah politik, ngerti permasalahan situasi,” ungkap Ma’ruf.

“Sehingga diharapkan ketika menjadi KSAU itu lebih paham apa yang harus dilakukannya dalam rangka mengawal negara Republik Indonesia ini,” sambung Ma’ruf.

Seperti diketahui, Jokowi telah menunjuk Marsdya Tonny Harjono sebagai KSAU menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan pensiun. Jokowi akan melantik Marsdya Tonny sebagai KSAU pada Jumat, 5 April 2024.

“Pelantikan KSAU hari Jumat,” kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4).

Keppres penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU diteken pada 25 Maret 2024. Dalam Keppres itu, Jokowi juga memberhentikan dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU.

“Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KASAU yang baru,” kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (2/4).

(ond/knv)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *