Jakarta

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyiapkan tujuh armada bus gratis untuk mudik dan balik Lebaran 2024. Program Mudik Gratis ini ditujukan bagi warga Kota Semarang yang bekerja merantau di DKI Jakarta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan upaya ini untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) pada Idulfitri 2024.

Program Mudik Gratis ini dikhususkan bagi warga Kota Semarang berpenghasilan rendah yang bekerja di sektor informal seperti asisten rumah tangga, pedagang kaki lima, pedagang asongan, buruh pabrik dan bangunan, sopir angkutan umum, bajaj, pengemudi ojek online, penyandang disabilitas, dan warga lainnya yang kurang mampu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Progam Mudik Gratis ini disambut antusias oleh warga Kota Semarang di perantauan. Bahkan kuota 200 kursi yang kita siapkan sudah ludes diserbu sejak tanggal 6 Maret 2024 lalu,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4/2024).

Adapun empat armada bus pariwisata yang disiapkan untuk program Mudik Gratis ini akan diberangkatkan dari Kota Semarang pada Jumat (5/4) menuju Lapangan Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta, bergabung dengan armada bus Mudik Gratis lainnya dari pemerintah kabupaten dan kota lain di Jawa Tengah.

Keberangkatan bus Mudik Gratis dari Jakarta akan dilepas oleh Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana pada Sabtu (6/4) dari TMII menuju ke kabupaten dan kota tujuan masing-masing di Jateng.

Meski demikian, bagi warga Kota Semarang yang tidak berkesempatan mendapat tiket Mudik Gratis Pemprov Jateng ini dapat mencoba program mudik gratis dari instansi lainnya, seperti Mudik Gratis Kementerian Perhubungan RI, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Jawa Barat, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Banten dan Pemprov Jawa Timur.

Pemudik juga dapat mendaftar melalui komunitas Warga Jawa Tengah atau Paguyuban Wong Semarang (Pawon Semar) di Jabodetabek atau bisa melalui aplikasi Peda Mateng yang beralamat di www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id.

Selain itu bagi nasabah Bank Jateng, calon pemudik juga bisa datang langsung ke Bank Jateng Cabang Jakarta di Jalan Panglima Polim Kebayoran Baru atau KCP Kramat Jati atau Pasar Induk, dengan menunjukkan rekening nasabah Bank Jateng atau mendaftar menjadi nasabah baru. Di sini Bank Jateng menyediakan kuota 40 bus untuk seluruh wilayah tujuan mudik di Jateng.

Setelah Lebaran pada Sabtu, (20/4), Kota Semarang juga berencana akan melakukan pelepasan pemudik asal Kota Semarang yang akan kembali ke tempat rantau. Pelepasan akan diselenggarakan di Terminal Mangkang Semarang menuju Terminal Pulo Gebang di Jakarta.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, mudik gratis kali ini sebagai upaya pemerintah hadir di tengah masyarakat. Menurutnya, mudik gratis kali ini juga untuk memperkecil potensi kecelakaan di jalan raya.

“Kami akan melepas bus mudik di Kecamatan Pedurungan,” kata perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut.

Mbak Ita juga mengimbau warga Kota Semarang yang akan mudik dapat mempersiapkan diri dengan baik agar tiba di kampung halaman pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

(prf/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *