Tangerang

Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengantisipasi kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran 2024. Polisi memantau arus lalu lintas menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui command center.

“Jadi di command center ini, kami bisa melihat pergerakan arus lalu lintas yang menuju dan dari Bandara Soekarno-Hatta. Terpantau 24 jam,” kata Kabagops Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Alvin Pratama kepada detikcom, Kamis (4/4/2024).

Di ruangan command center ini terdapat sejumlah monitor yang menayangkan rekaman CCTV. Command Center terintegrasi dengan CCTV yang berada di kawasan Bandara Soekarno-Hata hingga Tol Sedyatmo dan Jakarta-Tangerang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sehingga, begitu kita lihat ada kepadatan arus lalu lintas, kami akan menginformasikan kepada anggota di lapangan sehingga anggota bisa bergerak cepat ke TKP untuk mengurai kepadatan lalu lintas,” katanya.

Command center juga mendapatkan data penerbangan dan jumlah penumpang yang akan berangkat dari pihak Angkasa Pura II. Dengan data tersebut, polisi akan menyiapkan langkah-langkah apabila terjadi peningkatan arus mudik.

“Data penerbangan untuk besoknya kami dapatkan malam hari, jadi kami bisa melihat peak hour-nya, sehingga kita bisa antisipasi,” katanya.

Alvin mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu di Terminal Bandara Soekarno-Hatta. Polisi memastikan arus lalu lintas tetap lancar agar tidak mengganggu jadwal penerbangan.

“Kami akan melakukan rekayasa agar drop off penumpang di Bandara Soekarno-Hatta antreannya tidak panjang,” katanya.

230 Personel Dikerahkan

Polresta Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan personel dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2024. Total ada 230 personel yang disebar untuk mengamankan mudik lebaran.

Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Roberto Pasaribu memastikan seluruh personel hari ini sudah tersebar untuk mengamankan arus mudik lebaran. Hal itu ia sampaikan dalam apel pasukan yang digelar di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, 3 April 2024.

“Dalam Operasi Ketupat Jaya 2024, sebanyak 230 personel dikerahkan Polresta Bandara Soetta pada pengamanan dan pelayanan arus mudik di waktu lebaran tahun 2024,” ujar Roberto yang didampingi Wakapolresta Bandara Soekarno-Hatta AKBP Ronald Sipayung.

Pada pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2024 ini, Polresta Bandara Soekarno-Hatta mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan yang tidak hanya berada di kawasan terminal Bandara Soekarno-Hatta, tetapi juga di jalur arteri.

“Posko-posko tersebut berlokasi di Terminal 1, 2 dan 3 serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan mudik. Pelayanan tersebut gratis, dengan maksud menciptakan suasana mudik aman, ceria dan penuh makna.” tegas Roberto.

(mea/mea)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *