Jakarta

Polda Metro Jaya menyiapkan skema untuk mengurai kemacetan saat masa Mudik Lebaran 2024. Pihak kepolisian menyiagakan Tol Cimanggis-Cibitung, jika nantinya terjadi kepadatan arus lalu lintas.

“Kami juga ada mempersiapkan jalur tol yang fungsional, yaitu di jalur Cimanggis-Cibitung, yang sudah kami survei dengan pengelola jalan tol. Sudah siap digunakan meskipun waktunya terbatas,” kata Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan kepada wartawan, Kamis (4/4/2024).

Doni mengatakan ruas Tol Cimanggis-Cibitung akan dioperasikan secara terbatas. Yakni terhitung pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami akan menggunakan jalur fungsional Tol Cimanggis-Cibitung itu di pukul 06.00 pagi sampai dengan 17.00. Jadi memang jalan belum dilengkapi jadi bisa digunakan hanya siang dan sore hari,” ujarnya.

Doni meminta masyarakat untuk bijak memilih waktu mudik lebaran. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di waktu dan hari tertentu.

Di samping itu, lanjut Doni, pihak kepolisian bersama stakeholder terkait juga akan menyiapkan skema buka tutup tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ) jika terjadi kepadatan arus lalu lintas. Skema tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

“Kemudian nanti strategi berikutnya kita siapkan sistem buka tutup. Berdasarkan tahun lalu ada peningkatan jalur MBZ tol yang di atas yang jadi favorit masyarakat menuju arah timur menggunakan layang tol MBZ ini,” terang dia.

“Juga kita siapkan seandainya nanti ada kepadatan kami akan melakukan sistem buka tutup menggunakan jalur bawah bagi kendaraan-kendaraan yang menuju timur,” pungkas Doni.

(wnv/aud)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *