Jakarta

Puncak arus mudik di Terminal Lebak Bulus diprediksi terjadi mulai Sabtu, 6 April 2024. Jawa Tengah dan Jawa Timur diperkirakan menjadi tujuan utama dari para pemudik yang berangkat pada tanggal tersebut.

“Prediksinya mulai tanggal 6 April, setelah diberlakukan cuti bersama. Itu bisa meningkat ke tanggal 7 dan 8 April, itu untuk yang ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar Kasatpel Terminal Lebak Bulus Iman Syafril kepada detikcom, Kamis (4/4/2024).

“Kemudian ada juga jarak pendek, antara tanggal 8 dan 9, itu biasanya untuk Jawa Barat, Kuningan, Sukabumi, Cirebon, Tasik, Bandung,” sambungnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun penumpang yang mudik ke luar Pulau Jawa bakal mulai membludak pada Jumat (5/4) besok. Imam menuturkan, perjalanan menuju luar Jawa akan lebih lama sehingga butuh waktu lebih banyak bagi penumpang dalam perjalanan.

“Kalau luar Jawa itu nanti Jumat (tanggal 5 April), itu sudah banyak yang mulai mudik,” jelasnya.

Di sisi lain, pada Kamis (4/4), suasana Terminal Lebak Bulus masih terpantau landai. Tampak dari suasana di sekitar terminal yang belum terlalu dipadati calon penumpang.

Dishub Bentuk Posko

Selama momen lebaran 1445 Hijriah, Dinas Perhubungan memberlakukan posko di Terminal Lebak Bulus. Posko itu adalah penunjang bagi sopir dan penumpang.

Iman Syafril mengatakan posko itu diantaranya Posko Kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja, posko Pengecekan Kendaraan Bermotor (PKB) Jagakarsa, BNN untuk tes urine, hingga Pramuka. Posko ini diberlakukan untuk menunjang keselamatan dan keamanan mudik.

“Intinya pengadaan posko itu untuk antisipasi keselamatan dan kenyamanan selama mudik karena sopir harus dalam kondisi prima, mereka bawa orang. Jadi harus dipastikan kesehatannya, juga dengan kendaraannya harus aman dan layak juga,” ujarnya.

Posko selama Angkutan Lebaran (Angleb) 2024 akan beroperasi sampai 7 hari setelah lebaran, terutama untuk pos kesehatan dan pengecekan kendaraan. Iman pun mengimbau sopir untuk tetap menjaga kesehatan lantaran bakal membawa penumpang dalam jumlah yang banyak. Sedangkan penumpang diimbau untuk tidak mengenakan setelan mencolok yang berpotensi mengundang tindak kejahatan.

“Untuk awak bus, tolong jaga stamina, kesehatan. Bawalah bus berisi penumpang dengan hati-hati tanpa perlu ugal-ugalan,” ungkapnya.

“Untuk penumpang, jaga stamina, jaga kesehatan karena mudik perjalanan jauh. Kemudian, jangan memakai setelan atau perhiasan mencolok yang berpotensi mengundang tindak kejahatan,” sambungnya.

Simak Video ‘Ada Diskon Tarif Tol, Menko PMK Imbau Pemudik Berangkat Hari Ini’:

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *