Jakarta

Open house Lebaran menjadi salah satu tradisi yang identik saat perayaan Idul Fitri atau Idul Adha. Tradisi open house Lebaran ini dilakukan dalam rangka sebagai bentuk silaturahmi sekaligus momen untuk halal bi halal bagi umat Islam.

Tradisi open house Lebaran biasanya kerap dilakukan di lingkungan pemerintahan atau perkantoran. Meski begitu, seiring perkembangan, tradisi open house Lebaran juga tak jarang dilakukan oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan.

Namun, tahukah kamu apa arti open house yang identik dengan perayaan Lebaran itu?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Arti Istilah Open House?

Secara etimologi, istilah open house berasal dari bahasa Inggris, yang secara harfiah artinya membuka rumah. Menurut kamus Merriam-Webster, open house artinya jamuan atau hiburan yang siap dan biasanya bersifat informal untuk semua orang yang datang.

Merujuk pada Cambridge Dictionary, dalam konteks acara publik, open house diartikan sebagai kesempatan ketika sebuah organisasi seperti sekolah atau perguruan tinggi mengizinkan anggota masyarakat umum untuk melihat apa yang terjadi di tempat tersebut.

Menurut Collins Dictionary, ketika seseorang mengadakan open house, maka itu berarti mereka menyambut teman atau pengunjung untuk datangn ke rumah mereka kapan pun mereka tiba dan mengizinkan mereka untuk tinggal selama yang mereka inginkan.

Tradisi Open House Lebaran

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa open house merupakan suatu acara publik yang ketika seseorang mengadakan open house maka mereka mengizinkan publik atau siapa saja untuk datang ke tempat mereka sebagai tamu untuk berkunjung.

Adapun open house Lebaran berarti acara open house yang diadakan pada saat Lebaran atau hari raya, baik saat Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha. Momen open house Lebaran biasanya dimanfaatkan untuk silaturahmi dan halal bi halal dengan sesama.

Tradisi open house Lebaran di Indonesia sendiri sejatinya sudah ada sejak lama dan kerap dilakukan oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan dan juga dari berbagai daerah. Tradisi open house Lebaran biasanya dimulai setelah pelaksanaan salat Idul Fitri.

Masyarakat yang menggelar open house biasanya menyiapkan rumah mereka untuk dikunjungi siapa saja, seperti tetangga, keluarga, sanak saudara, hingga kerabat. Selain silaturahmi dan halal bi halal, saat open house juga biasa disuguhi hidangan khas Lebaran.

(wia/imk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *