Jakarta

Menjelang Lebaran, harga kebutuhan pokok di Kota Semarang relatif masih aman. Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita) saat melakukan pantauan harga kebutuhan masyarakat di beberapa pasar modern dan pasar tradisional.

Mbak Ita melakukan peninjauan di dua lokasi yakni di Pasar Gayamsari dan Lotte Mart. Di dua lokasi itu, ia mengaku jika harga-harga kebutuhan masyarakat untuk perayaan Lebaran masih aman.

Untuk beras stok masih tersedia dengan kisaran harga Rp 14.300 untuk beras medium dan Rp 15.500 untuk beras premium. Kemudian telur ayam juga masih tersedia aman, dengan harga berkisar antara Rp 25 ribu sampai Rp 26 ribu/kg.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Stok masih terpenuhi. Tapi harga daging naik berkisar antara Rp 10 ribu/kg,” ujar Mbak Ita, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4/2024).

“Kalau di sini lebih murah dari pasar, karena memang daging beku. Mungkin stok dari rumah pemotongan hewan (RPH) yang fresh,” sambungnya.

Selain daging, ada beberapa komoditas yang harganya masih naik, yakni bawang putih dan bawang merah. Kenaikan ini bisa saja dipicu karena permintaan yang banyak saat Lebaran.

“Yang kerap dicari saat Lebaran yaitu bawang merah, bawang putih, dan daging. Untuk cabai relatif turun harganya, karena ada panen raya,” terang Mbak Ita.

“Beras juga murah karena impor sudah mulai masuk, panen juga sudah mulai sehingga stok banyak. Ini (yang naik-red) cuma bawang merah, bawang putih, sama daging,” sambungnya.

Lebih lanjut, Mbak Ita berpesan kepada pedagang-pedagang untuk tidak menjadikan Lebaran sebagai momen untuk menaikkan harga beberapa komoditas pangan. Ia berharap, pedagang bisa menjual dagangannya dengan harga yang sesuai.

“Kami mengimbau jangan menaikkan, istilahnya mremo. Karena kondisi seperti ini, kami harap bisa menyadari dan memberikan harga sesuai saja,” pungkasnya.

(akn/ega)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *