Jakarta

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali melepas ribuan pemudik sepeda motor yang menggunakan kapal perang KRI Banda Aceh-593 dari Mako Kolinlamil, Jakarta Utara. Ali mengatakan adanya mudik gratis bagi sepeda motor ini dapat mengurangi angka kecelakaan.

Pantauan detikcom di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (5/4/2024) pukul 07.51 WIB, Ali memasuki kapal perang tersebut untuk meninjau para pemudik di dalamnya.

Ali didampingi Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum dan beberapa jajaran TNI AL menyapa para pemudik dan melihat kesiapan dari kapal mudik tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada pukul 08.19 WIB, Ali secara simbolis melepas para pemudik untuk berangkat ke kampung halamannya masing-masing.

“Kalau mereka mengendarai motor dari Jakarta Surabaya kan tentu bahayanya cukup banyak, tapi kalau di sini, di atas kapal mereka bisa istirahat ya ,” kata Ali saat sambutan di Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (5/4/2024).

Ali mengatakan terdapat dua jalur yang ditempuh pada mudik gratis kali ini. Khusus masyarakat umum menggunakan kapal perang yang menempuh jalur laut, sedangkan jalur darat menggunakan bus dikhususkan untuk prajurit TNI AL beserta keluarganya.

“Mudik ini ada dua, jalan darat dan jalur laut. Jalan darat menggunakan bus-bus yang disiapkan oleh angkatan laut dan dibantu oleh seluruh pihak-pihak yang terkait,” ucap Ali.

“Jadi yang di kapal yang jalur laut kita menggunakan KRI Banda Aceh dari kolinlamil akan berangkat menuju Semarang dan Surabaya,” tambahnya.

Mudik gratis ini pun berlaku pada arus balik nanti. Semua penumpang yang mengikuti mudik gratis ini sudah mendapat makanan gratis untuk berbuka dan sahur.

“Kemudian nanti kembalinya arus balik juga akan menggunakan KRI Banda Aceh dari Surabaya Semarang kemudian ke Jakarta. Mereka semua mendapat makanan untuk buka puasa, kemudian untuk sahur Ini sudah disiapkan oleh BAZNAS semua,” jelasnya.

Total masyarakat yang telah mendaftar untuk mudik gratis ini sebanyak 1.019 orang dengan kendaraan bermotor sebanyak 273 unit. Untuk bus bagi prajurit TNI AL dan keluarga disediakan 120 bus.

KSAL Laksamana Muhammad Ali lepas mudik gratis TNI ALKSAL Laksamana Muhammad Ali lepas mudik gratis TNI AL (Foto: Tina Susilawati/detikcom).

Ani (46), salah satu penumpang yang ikut kegiatan mudik ini merasa terbantu. Ia dapat bertemu dengan saudaranya di Surabaya tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Awal Ani mengetahui adanya mudik gratis ini pun saat sang suami yang bekerja menjadi ojek melihat spanduk mudik gratis di pangkalan. Ia pun dengan segera mendaftar dan berhasil mendapatkan tempat di kapal perang ini.

“Merasa terbantu banget dengan adanya mudik gratis. Kita berdua seneng. Seneng banget bisa naik kapal perang. Ini yang pertama kalinya,” ucap Ani.

“Daftarnya nggak susah. Cuma KTP sama STNK. Tujuan Surabaya. Nggak ada bayar apapun lagi. Bener-bener gratis. Alhamdulillah banget cuma bawa pakaian buat sendiri aja. Makanan udah dikasih juga,” tutup Ani.

(lir/lir)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *